PENGARUH KEPRIBADIAN, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNJ

DEA OKTAPIA NURJANAH, , (2021) PENGARUH KEPRIBADIAN, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga, terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Teknik UNJ. Penelitian ini membutuhkan waktu selama 5 bulan terhitung dari bulan Maret 2020 sampai dengan Agustus 2020. Metode yang digunakan adalah metode survei. Teknik pemilihan responden menggunakan propotional stratified random sampling yang mengacu pada tabel Isaac dan Michael (1984) sehingga diperoleh populasi terjangkau sebanyak 399 mahasiswa dengan sampel berjumlah 186 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert. Variabel Minat Berwirausaha (Y), Kepribadian (X1), Pendidikan Kewirausahaan (X2), Lingkungan Keluarga (X3) merupakan data primer yang didapat dari penyebaran kuesioner penelitian. Digunakan lima teknik analisis data, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas untuk X1, X2, X3, dan Y secara berurutan adalah 0,200; 0,200; 0,076; dan 0,200. Berdasarkan uji linearitas, diperoleh nilai Linearity untuk X1, X2, X3 secara berurutan adalah 0,000; 0,000; 0,000. Kedua, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji Multikolinearitas dan uji Heteroskedastisitas. Uji multikolinearitas (p-value tolerance>0,1; p-value VIF<10) mendapatkan nilai toleransi untuk X1, X2, dan X3 sebesar 0,859; 0,903; dan 0,834 serta nilai VIF sebesar 1,165; 1,107; dan 1,199. Hasil uji heteroskedastisitas (p-value >0,05) diperoleh nilai X1, X2, dan X3 sebesar 0,634; 0,864; dan 0,739. Ketiga, uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Ẏ = 17,221 + 0,248X1 + 0,119X2 + 0,323X3. Keempat, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Berdasarkan perbandingan Fhitung dan Ftabel menggunakan tabel ANOVA, diperoleh nilai Fhitung> F-tabel = 67,264 > 2,65. Artinya, terdapat hubungan secara bersamaan antara Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, terhadap Minat Berwirausaha. Hasil uji t untuk Kepribadian adalah t hitung>t tabel = 5,896>1,97308, Pendidikan Kewirausahaan t hitung>t tabel = 2,744 > 1,97308, dan Lingkungan Keluarga t hitung >t tabel = 8,547 > 1,97308. Artinya, terdapat pengaruh positif Kepribadian terhadap Minat Berwirausaha, terdapat pengaruh positif Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha, dan terdapat pengaruh positif Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha. Kelima, analisis koefisien determinasi (R2) dengan hasil sebesar 0,526 yang bermakna 53% variabilitas variabel Minat Berwirausaha dapat dijelaskan oleh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga. Sedangkan sisanya 47% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Minat Berwirausaha, Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga. This study aims to determine the influence of Personality, Entrepreneurship Education, and Family Environment on Entrepreneurial Interest in Students of the Faculty of Engineering, UNJ. This research took 5 months starting from March 2020 to August 2020. The method used was a survey method. The respondent selection technique used proportional stratified random sampling which referred to Isaac and Michael's table (1984) in order to obtain an affordable population of 399 students with a sample of 186 students. Data were collected through a questionnaire with a Likert scale. Variables of Entrepreneurial Interest (Y), Personality (X1), Entrepreneurship Education (X2), Family Environment (X3) are primary data obtained from distributing research questionnaires. Five data analysis techniques were used. First, the requirements analysis test consisted of a normality test and a linearity test. The normality test resulted for X1, X2, X3, and Y respectively are 0.200; 0.200; 0.076; and .200. Based on the linearity test, the Linearity values for X1, X2, X3 respectively are 0.000; 0.000; 0.000. Second, the classical assumption test which consisted of multicollinearity test and heteroscedasticity test. The multicollinearity test (p-value tolerance> 0.1; p-value VIF<10) obtained tolerance values for X1, X2, and X3 are 0.859; 0.903; and 0.834 and the VIF value are 1.165; 1,107; and 1,199. The results of the heteroscedasticity test (p-value>0.05) obtained values of X1, X2, and X3 are 0.634; 0.864; and 0.739. Third, multiple linear regression test with the result of the equation Ẏ = 17.221+0.248X1+0.119X2 + 0.323X3. Fourth, hypothesis test consisted of the F test and t test. Based on the comparison of Fhitung and Ftabel using ANOVA table, it is obtained that the value of Fhitung> F-tabel = 67.264> 2.65. Means, there is a simultaneous relationship between Personality, Entrepreneurship Education, Family Environment, and Entrepreneurial Interest. The results of the t test for personality are t hitung> t table = 5.896> 1.97308, entrepreneurship education t hitung> t table = 2.744> 1.97308, and family environment t hitung > t table = 8.547> 1.97308. Thus, there is a positive influence of Personality on Entrepreneurial Interest, a positive influence of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Interest, and a positive influence on the Family Environment on Entrepreneurial Interest. Fifth, analysis of the coefficient of determination (R2) with a result of 0.526, which means that 53% of the variability of the Entrepreneurial Interest variable can be explained by Personality, Entrepreneurship Education, and Family Environment. While the remaining 47% is influenced by other variables that are not studied. Keywords: Entrepreneurial Interest, Personality, Entrepreneurship Education, Family Environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dedi Purwana E.S., M.Bus 2). Marsofiyati, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 9168 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:04
Last Modified: 22 Mar 2021 07:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15277

Actions (login required)

View Item View Item