PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN KEKAL (KARTU PANTUN KEARIFAN LOKAL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

RAHAYU WULANDARI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN KEKAL (KARTU PANTUN KEARIFAN LOKAL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran KARTUN KEKAL (Kartu Pantun Kearifan Lokal) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan kuesioner. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, media pembelajaran papan permainan KARTUN KEKAL (Kartu Pantun Kearifan Lokal) ini di uji cobakan hanya pada tahap uji ahli dan tahap one to one. Tahap uji ahli dilakukan oleh 3 ahli yaitu oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil uji coba ini memperoleh skor rata-rata 95% untuk ahli media, 95% untuk ahli materi, dan 100% untuk ahli bahasa, sehingga keseluruhan hasil uji coba pada tahap ini memperoleh nilai rata-rata 96,67% dengan kategori sangat baik. Tahap One to One memperoleh skor 92,20% yang diperoleh oleh 3 pengguna media siswa kelas V. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran KARTUN KEKAL (Kartu Pantun Kearifan Lokal) sudah tepat sasaran dan layak digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia materi pantun pada siswa kelas V sekolah dasar. This research and development aims to produce Lokal Wisdom Pantun Cards Learning Media products in Indonesian Language Learning in Grade V Elementary School Students. This research and development use ADDIE research models (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data collection techniques used are observations, interviews, and questionnaires. Due to the Covid-19 pandemic, the learning media of Lokal Wisdom Pantun Cards learning is tested only at the expert test stage and the one to one evaluation stage.The expert test stage was carried out by 3 expert, namely by media experts, materials experts, and language experts. The results of this trial obtained an average score of 95% for media experts, 95% for material experts, and 100% for language experts, so the overall test results at this stage obtained an average score of 96.67% with the excellent category. The one to one stage obtained a score of 92,20%. This shows that The Lokal Wisdom Pantun Cards learning media is targeted and deserves to be used as a medium of learning Bahasa Indonesia pantun material in grade V students of elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Herlina, M.Pd. 2. Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10256 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:41
Last Modified: 22 Mar 2021 06:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15283

Actions (login required)

View Item View Item