PERANAN STORYTELLING DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (PENELITIAN KEPUSTAKAAN)

ANGGITA MAHARANI RAMBE, . (2021) PERANAN STORYTELLING DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (PENELITIAN KEPUSTAKAAN). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara, keterkaitan dan efektivitas kegiatan storytelling dapat berperan terhadap pengembangan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan atau literatur. Data yang diperoleh peneliti bersumber pada hasil penelitian, buku, maupun data-data yang telah ada yang kemudian hasil dan literatur tersebut dideskripsikan atau ditelaah kembali. Keterkaitan storytelling atau bercerita terhadap kemampuan berbicara pada anak dapat terlihat berdasarkan peningkatan penguasaan jumlah kosa kata, merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak, melatih keterampilan belajar bahasa dan ekspresi verbal, meningkatkan komunikasi lisan, mendorong anak untuk lebih ekspresif yang mendukung perkembangan mendengarkan anak berfungsi dengan baik untuk membantu kemampuan berbicara anak yang diwujudkan dalam kosa kata, kemampuan mengucap kata, dan merangkai kalimat yang digunakan anak dalam mengkomunikasikan pikiran atau perasaannya dengan jelas dalam kegiatan berbicara. This study aims to describe speaking skills, relevance and effectiveness of storytelling activities that can play a role in the development of speaking skills in children aged 4-5 years. This study used a qualitative descriptive method using literature or literature study methods. The data obtained by the researcher comes from research results, books, and existing data, which are then described or reviewed. The linkage of storytelling or storytelling to children's speaking skills can be seen based on increasing mastery of the number of words, stimulating children's imagination and creativity, practicing language learning skills and verbal expression, improving oral communication, encouraging children to be more expressive that supports children's listening development to function properly to help children's speaking skills which are manifested in vocabulary, the ability to speak words, and compose sentences used by children to clearly communicate their thoughts or feelings in speaking activities.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. ; 2). Dr. R. Sri Martini Meilani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 9365 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:22
Last Modified: 05 Apr 2021 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item