PENGARUH PEMASANGAN EXHAUST GAS RECIRCULATION (EGR) TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 100

AMANDA UTARI DEWI, . (2021) PENGARUH PEMASANGAN EXHAUST GAS RECIRCULATION (EGR) TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 100. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya kebutuhan sepeda motor bagi manusia berbanding lurus dengan meningkatnya emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor. Hal ini tentu saja akan menyebabkan kondisi udara yang buruk dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia. Solusi untuk permasalahan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor salah satunya dengan melakukan modifikasi pada saluran buang yaitu dengan memasang Exhaust Gas Recirculation (EGR). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh EGR terhadap emisi gas buang sepeda motor Honda Supra X 100. Penelitian menggunakan metode eksperimental. Pemasangan EGR dilengkapi dengan saluran yang menyambungkan leher knalpot dan intake manifold, arduino sebagai pengontrolnya, katup EGR, katup satu arah, serta sensor oksigen sebagai masukkan yang akan mengaktifkan katup EGR. Pengujian emisi dilakukan untuk mengetahui pengaruh setelah penggunaan EGR terhadap unsur – unsur gas buang yang dihasilkan dengan melakukan variasi pada kondisi campuran (campuran kaya, campuran miskin), putaran mesin (1500, 2500, 3500, 4500, 5500 rpm) dan bahan bakar (premium, pertalite). Data hasil pengujian setelah penggunaan EGR, kadar emisi HC meningkat, kadar emisi CO menurun, kadar emisi CO_2 mengalami peningkatan dan penurunan, serta peningkatan nilai AFR. Hal ini menyimpulkan bahwa penggunaan EGR memberikan pengaruh terhadap emisi gas buang yang dihasilkan. ********* The increasing demand of motorcycle for humans is directly proportional to the gas emissions by motorcycle. It will cause air condition bad and can cause health problems for humans. One of the solution for the problem gas emissions produced by motorcycle is doing a modification on exhaust pipe with using Exhaust Gas Recirculation (EGR). This study aims to know the effect of EGR on exhaust gas emission of Honda Supra X 100. The research use the experimental methods. The EGR installation is equipped with a pipe that connects the exhaust and intake manifold, arduino as microcontroller, EGR valve, one-way valve, and sensor oxygen as an input which will activate the EGR valve. Emission testing be held to determine the effect after using EGR on the resulting exhaust gas elements by varying the conditions of the mixture (rich mixture, lean mixture), engine speed (1500, 2500, 3500, 4500, 5500 rpm) and fuel (premium, pertalite). The result after using EGR, increased emissions of HC, decreased emissions of CO, increased and decreased CO_2 and increased AFR values. This concludes that the use of EGR has an effect on the resulting exhaust emissions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). I Wayan Sugita, S.T., M.T. ; 2). Dr. Catur Setyawan, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 10409 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2021 08:22
Last Modified: 23 Mar 2021 08:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item View Item