PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM (Penelitian Tindakan di Program Studi Sastra Inggris Universitas Darma Persada)

YUNITA, . (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM (Penelitian Tindakan di Program Studi Sastra Inggris Universitas Darma Persada). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara rinci proses dan hasil peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan media film. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan pada program studi sastra Inggris Universitas Darma Persada dengan jumlah partisipan sebanyak 30 mahasiswa. Data diperoleh dari hasil tes keterampilan berbicara bahasa Inggris sebelum dan sesudah tindakan. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan media film membuat keterampilan berbicara mahasiswa mengalami peningkatan, mereka menjadi lebih aktif selama proses pembelajaran, hal ini ditunjukan dengan tingkat partisipasi mereka dalam interaksi pembelajaran. Sementara hasil peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari tahapan pratindakan sampai siklus ke III dalam proses penelitian. Nilai rata-rata mahasiswa pada tahapan pratindakan hanya sebesar 49 kemudian mengalami kenaikan pada siklus I menjadi 53. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata mahasiswa sebesar 56.5 dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 71. Dengan demikian hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan model ini adalah pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian tindakan yang dilakukan dengan pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan media film ini secara signifikan membantu mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris. Pembelajaran ini juga terbukti dapat membuat mahasiswa untuk bekerjasama dan membentuk semangat mereka dalam belajar. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris, Media Film, Pembelajaran Kolaboratif, Penelitian Tindakan, Peningkatan. ********** The purpose of this study is to determine in detail the process and results of the English speaking skills improvement through collaborative learning using movie as media. This research is an action research conducted in the English literature study program of Darma Persada University with a total of 30 students. Data obtained from the results of the English speaking skills test before and after the action. The results showed that the collaborative learning process using movie as media made students' speaking skills increase, they became more active during the learning process, this was indicated by the level of their participation in learning interactions. Meanwhile, the results of the improvement in English speaking skills have increased quite significantly from the pre-action stage to the third cycle in the research process. The average score of students in the pre-action stage was only 49 then increased in the first cycle to 53. Whereas in the second cycle, the student average score was 56.5 and an increase in the third cycle to 71. Thus the results of the study show that this learning can improve speaking skills. This Action research carried out with collaborative learning using movie as media significantly helps students to improve their English speaking skills. This learning has also proven to be able to make students cooperate and shape their enthusiasm for learning. Keywords: Action Research, English Speaking Skills, Collaborative Learning, Movie, Improving.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Emzir, M.Pd. ; 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 708 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:56
Last Modified: 25 Mar 2021 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15385

Actions (login required)

View Item View Item