KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19

MEGA RIA AGUSTINA, . (2021) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Keterlibatan oarngtua dalam mendampingi belajar di rumah terbukti dapat meningkatkan prestasi anak. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran keterlibatan orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah selama pandemi berlangsung. Lima orangtua anak di Jakarta Timur, Indonesia menjadi partisipan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan AFI (Analisis Fenomenologi Intrepretatif). Penelitian ini menghasilkan lima tema utama yang berkaitan dengan keterlibatan orangtua yakni: : 1) gambaran pola asuh orang tua di rumah, 2) gambaran komunikasi orang tua dengan anak dan guru, 3) upaya orangtua dalam mendampingi anak belajar, 4) gambaran sikap orang tua dalam pengambilan keputusan, 5) gambaran kerjasama orang tua, anak dan guru, dan 6) gambaran kesulitan orang tua dan cara mengatasinya. . Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi orangtua dan guru ketika melakukan program belajar di rumah selama pandemi. Kata Kunci: keterlibatan orangtua, belajar, pandemic ****************************** Parent’s involvement at home is proved can enhance the children’s learning achievement. The aim of this article was to describe about parent’s involvement in accompanying children to learn at home during the pandemic. Five participants were chosen through purposive sampling in Jakarta Timur, Indonesia. Data were analyzed using AFI (Analisis Fenomenologi Intrepretatif). The result produced five themes: 1) parenting, 2) parent-children-teacher communication, 3) parent effort in accompanying children to learn, 4) parent decision, and 5) parent-children-teacher cooperation. Parent and teacher can use this result as a reference when accompanying children to learn. Keywords: parent’s involovement, learning, pandemic

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. ; 2. Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 9342 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:56
Last Modified: 25 Mar 2021 03:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15406

Actions (login required)

View Item View Item