TSANIYA HIDAYA RAMADHANI, . (2021) PENGEMBANGAN KERANJANG MINI SEBAGAI MEDIA UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (743kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (690kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Pengembangan karya inovatif ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran untuk menstimulasi keterampilan motorik halus anak. Metode yang digunakan pada karya inovatif yaitu metode ADDIE. Instrumen yang digunakan instrumen angket ahli materi, ahli media. Untuk anak didik menggunakan Teknik penilaian skala guttman. Produk yang dihasilkan adalah media KERANJANG MINI untuk menstimulasi keterampilan motorik halus anak usia 4 – 5 tahun. Keterampilan motorik halus adalah kemampuan anak untuk mengamati sesuatu, melalukan gerakan yang melibatkan bagian tubuh seperti mata, tangan dengan koordinasi mata dan tangan, keterampilan dapat bergerak dengan baik. Untuk mencapai keterampilan motorik yang halus yang baik maka pendidik harus memberikan stimulasi kepada anak untuk menunjang pencapaian keterampilan motorik halus yang optimal. Uji coba di lakukan di Kecamatan Matraman dengan uji coba pada 5 orang anak. Untuk hasil presentase hasil uji coba sebesar 100%. Berdasarkan hasil penilaian dan uji coba menunjukkan bahwa media KERANJANG MINI dapat menstimulasi keterampilan motorik halus anak. Kata Kunci: pengembangan media, keterampilan motorik halus ABSTRACT The development of this innovative work aims to develop learning media for stimulate fine motor skills of children. The method used on the work innovative, namely the ADDIE method. The instrument used was the material expert questionnaire instrument, media experts. For student using the Guttman Scale assessment technique. Products that are produced is a MINI KERANJANG media to stimulate motor skills fine children aged 4 – 5 years. Fine motor skills are the ability of children to observing something, making movements involving body parts such as the eyes, hand with eye and hand coordination, skill can move well. In order to achieve good fine motor skills, educators must provide stimulation to children to support the achievement of motor skills optimal smooth. The trial was carried out on Matraman with trials on 5 children. For the results, the percentage of trial results is 100%. Based on the results of the assessment and testing, it shows that the KERANJANG MINI media can stimulate fine motor skills of children. Keywords: media development, fine motor skills
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd 2). Dr. Sri Martini M, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10136 not found. |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 06:57 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 06:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15487 |
Actions (login required)
View Item |