PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

TIARA RACHMATIKA, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (820kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Adapun teknik dalam pengumpulan data adalah dengan angket, tes, dan dokumen. Populasi Pada penelitian ini adalah siswa Kelas V di SDN Pondok Kopi 04 Pagi Jakarta, dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 60 siswa, dengan persebaran Kelas VA dan VB masing-masing 30 siswa. Hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis IPA menggunakan model inkuiri terbimbing dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan Fhitung 5,10 > Ftabel 3,98; 2) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi hasil kemampuan berpikir kritis IPA dengan Fhitung = 5,61 > Ftabel = 3,98 dengan dk = 1,66 pada taraf α = 0,05; 3) Terdapat perbedaan Kemampuan berpikir kritis IPA antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi; 4) Terdapat perbedaan Kemampuan berpikir kritis IPA antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa yang mempunyai kemandirian belajar rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Siswa dengan kemandirian belajar tinggi yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki kemampuan berpikir kritis IPA lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pokok bahasan siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup This study aims to determine the extent of the influence of the learning model and independent learning on the critical thinking skills of science class V elementary school students. This study is quantitative research. The method used in this study is an experimental method with treatment design by level 2x2. The techniques for collecting data are by questionnaires, tests, and documents. Population In this study is class V students at SDN Pondok Kopi 04 Pagi Jakarta, with sampling techniques using purposive sampling as many as 60 students, with the distribution of VA and VB classes of 30 students each. The results of the study were obtained that 1) there were differences in critical thinking skills of science using guided inquiry models and cooperative learning models of TPS type with Fcount 5,10 > Ftabel 3.98; 2) there is an interaction between the learning models and learning independence in influencing the results of critical thinking skills in science subjects with Fcount = 5.61 > Ftabel = 3.98 with dk (1.66) at α = 0.05; 3) There are differences in critical thinking skills of science between students taught using guided inquiry learning and TPS-type cooperative learning models in students with high learning independence; 4) There are differences in critical thinking skills of science between students taught using guided inquiry learning and TPS-type cooperative learning models in students who have low learning independence. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an influence of learning models and independent learning on the critical thinking skills of science class V elementary school students . Students with high learning independence who are taught using a guided inquiry learning model have higher critical thinking skills of science than students who are taught using TPS-type cooperative learning models on water cycle subjects and their impact on events on earth as well as survival.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch. Syarif Sumantri, M.Pd ; 2). Dr. Agung Purwanto, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 10451 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:09
Last Modified: 26 Mar 2021 05:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15496

Actions (login required)

View Item View Item