HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN KESULITAN BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR(Studi Kasus pada Anak Kelas 2 di SDN Pegangsaan 02 Petang Cikini Menteng Jakarta Pusat)

EKO ROHADI NURCAHYO, . (2014) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN KESULITAN BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR(Studi Kasus pada Anak Kelas 2 di SDN Pegangsaan 02 Petang Cikini Menteng Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi EKO ROHADI NURCAHYO 5515091508.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan kesulitan belajar anak sekolah dasar. Penelitian yang dilakukan di SDN 02 Petang Cikini pada bulan Oktober 2013 sampai dengan Januari 2014 ini menggunakan metode Correlation Research. Pada penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel dengan metode Purposive samplingdengan jumlah keseluruhan sample sebanyak 37 responden. Hasil status gizi dari 75,68% responden adalah 3 dalam kategori normal dan sebesar 65% respondenmemperoleh hasil kesulitan belajar.Data dikumpulkan dengan cara memberikan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya diuji normalitas menggunakan Lilieforsdengan hasil masing-masing data berdistribusi normal.kemudian data diuji kembali untuk melihat linieritas yang didapatkan dari hasil output signifikansi pada Test Linearity. Hasilnya disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linier. Terakhir data diolah dengan menggunakan uji Product Momentdan hasilnya menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kesulitan belajar anak sekolah dasar. ******* This research aims to know the relationship between the nutritional status with learning difficulties of elementary school student. This research was conducted at state elementary school 02 Afternoon Cikini in October 2013 up to January 2014 this using the method of Correlation Research. Sampling techniques in the study using a Purposive samplingmethodwith total number of sample as much as 37 respondents. Nutritional status results 75,68% respondents is 3 in normal category and of 65% respondents have learning difficulties. Data were collected by means of the questionnaire gave have tested the validity and reliability. Next test normality use liliefors and the results each data having the normal ditribution. Then the data are tested for linearity of output results in significant Test Linearity from SPSS, the results it was concluded that there is a libear relationship. The last data were processed by using the tes Product Moment and the results show there is a significant relationship betwen the nutritional status with learning difficulties of elementary school student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suci Rahayu, M.Pd. ; 2). Dr. Ari Istiany, M.Si.
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 26 Mar 2021 04:30
Last Modified: 26 Mar 2021 04:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15519

Actions (login required)

View Item View Item