PENGARUH REGULASI DIRI, KECEMASAN DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V (Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III Jakarta Barat)

ERDHITA OKTRIFIANTY, . (2021) PENGARUH REGULASI DIRI, KECEMASAN DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V (Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III Jakarta Barat). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (892kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (793kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (858kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh regulasi diri, kecemasan dan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis narasi. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Binaan II, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Sampel yang digunakan yaitu dari SDN Kebon Jeruk 08, SDN Kebon Jeruk 09 dan SDN Kebon Jeruk 10 dengan menggunakan multistage cluster sampling. Metode penelitian adalah survei menggunakan desain analisis jalur dengan empat variabel. Responden berjumlah 109 Siswa kelas V dari ketiga tempat di Sekolah Dasar. Instrumen penelitian adalah menulis teks narasi untuk variabel kemampuan menulis narasi, kuesioner untuk variabel regulasi diri dan variabel kecemasan. Serta tes objektif untuk variabel kemampuan membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian adalah 1) ada pengaruh langsung regulasi diri terhadap kemampuan menulis narasi sebesar 0,340, 2) ada pengaruh langsung kecemasan terhadap kemampuan menulis narasi sebesar -0,202, 3) ada pengaruh langsung kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis narasi sebesar 0,505, 4) ada pengaruh langsung regulasi diri terhadap kemampuan membaca pemahaman sebesar 0,266, 5) ada pengaruh langsung kecemasan terhadap kemampuan membaca pemahaman sebesar -0,243 6) ada pengaruh langsung regulasi diri terhadap kecemasan sebesar -0,207. ************ The purpose of this study is about the effect of self-regulation, anxiety and reading comprehension skill on narrative writing skill. This research was conducted in the Binaan II area, Kebon Jeruk, West Jakarta. The samples used are from SDN Kebon Jeruk 08, SDN Kebon Jeruk 09 and SDN Kebon Jeruk 10 by using multistage cluster sampling. The research method is a survey using a path analysis design with four variables. Respondents totaled 109 Grade V students from all three places in the elementary school. The research instrument was writing narrative text for the narrative writing skill variable, a questionnaire for the self-regulation variable and the anxiety variable. As well as objective tests for reading comprehension skill variables. The purpose of this study was to determine how much influence the independent variable and the dependent variable. The results of the study are 1) there is a direct effect of self-regulation on the ability to write narration skill by 0,340, 2) there is a direct effect of anxiety on the narrative writing skill of -0,202, 3) there is a direct influence on reading comprehension skill on the narrative writing skill by 0.505, 4) there is a direct influence self regulation on reading comprehension skill of 0,266, 5) there is a direct influence of anxiety on reading comprehension skill of -0,243 6) there is a direct effect of self regulation on anxiety of - 0,207.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zulela, MS., M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: pasca .
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:05
Last Modified: 29 Mar 2021 04:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15537

Actions (login required)

View Item View Item