ATASYA HALAWA, . (2021) STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (619kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (617kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa SD. Peneliti menggunakan jenis penelitian Studi Kepustakaan, teknik yang digunakan yaitu dengan menggunakan data sekunder yang berupa jurnal-jurnal, buku-buku, dan artikel-artikel. Berdasarkan paparan tersebut kecerdasan interpersonal yang dimiliki peserta berbeda-beda ada peserta yang memiliki kecerdasan interpersonal berkategori tinggi yakni 70%, ada peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal berkategori sedang yakni 20%, dan ada peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal berkategori rendah yakni 10%, Kecerdasan interpersonal yang dimiliki siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut. Dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal dan hasil belajar ini akan menekankan upaya guru dalam penggunaan pengelolaan kelas yang benar dan tepat seperti manajemen kelas serta penggunaan model pembelajaran yang tepat. Terdapat beberapa model pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaraan tipe kooperatif, jigsaw yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa sehingga akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. _______________________________________________________ This study aims to determine how the implementation of interpersonal intelligence on elementary students' learning outcomes. Researchers use this type of research literature study, the technique used is by using secondary data in the form of journals, books, and articles. Based on this explanation, the participants have different interpersonal intelligence, there are participants who have high category interpersonal intelligence, namely 70%, there are students who have medium category interpersonal intelligence, namely 20%, and there are students who have low category interpersonal intelligence, namely 10%, Interpersonal intelligence possessed by students can affect student learning outcomes. In improving interpersonal intelligence and learning outcomes, it will emphasize the efforts of teachers in the use of correct and appropriate classroom management such as classroom management and the use of appropriate learning models. There are several appropriate learning models, namely cooperative type learning, jigsaw which can be used to improve students' interpersonal intelligence so that it can improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, ME.; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10485 not found. |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 07:03 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 07:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15682 |
Actions (login required)
View Item |