PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BANTUAN DIRI (SELF-HELP BOOK) MENGENAI RESILIENSI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN UNGGULAN M.H. THAMRIN

VIDYA SITI WULANDARI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BANTUAN DIRI (SELF-HELP BOOK) MENGENAI RESILIENSI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN UNGGULAN M.H. THAMRIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku bantuan diri mengenai resiliensi guna membantu peserta didik kelas X SMAN Unggulan M.H. Thamrin dalam mengembangkan kemampuan resiliensi yang mereka miliki. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental dengan jumlah sebanyak 30 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Based Research (DBR) dengan tiga tahapan yakni (1) Analisis dan Eksplorasi, (2) Desain dan Konstruk, (3) Evaluasi dan Refleksi. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket kebutuhan media, instrumen Child and Youth Resilience Measure (CYRM), angket uji validasi media dan materi, serta wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah buku bantuan diri mengenai resiliensi berjudul “Terus Melangkah: Tak Perlu Takut Ketika Hidup Menjadi Sedikit Sulit” dengan materi-materi yang tersedia yaitu Mengenal Lebih Jauh Resiliensi; Mari Mulai Menavigasi; dan Kini Saatnya Bernegosiasi dan disertai dengan beberapa lembar kerja untuk mengembangkan resiliensi. Hasil uji validasi dengan ahli media diperoleh skor sebesar 84,5% (sangat layak) dan hasil uji validasi dengan ahli materi mendapatkan skor sebesar 80,3% (layak). Sehingga dapat disimpulkan pengembangan buku bantuan diri mengenai resiliensi memiliki kelayakan yang dikategorikan sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 82,4%. Walaupun buku bantuan diri dapat menyampaikan informasi dengan baik mengenai resiliensi, diharapkan buku bantuan diri mengenai resiliensi dapat diujicobakan lebih lanjut kepada pengguna (peserta didik) oleh peneliti selanjutnya agar dapat diketahui keefektifan dan kebermanfaatannya ketika digunakan. ************** This research aims to develop a self-help book media about resilience to help grade X students of SMAN Unggulan M.H. Thamrin in developing their resilience skills. The sample in this research used sampling insidental technique with a total of 30 students. The research method used is Design Based Research (DBR) with three core stages, (1) Analysis and Exploration, (2) Design and Construction, (3) Evaluation and Reflection. However, this research was only conducted until the evaluation stage. The data was collected by researchers using a questionnaire about media needs, the Child and Youth Resilience Measure (CYRM) instrument, media and material validation test questionnaire, and interviews. The results of this research is a self-help book about resilience entitled "Terus Melangkah: Tak Perlu Takut Ketika Hidup Menjadi Sedikit Sulit" with available materials including Knowing More About Resilience; Let's Start Navigating; and Now is the Time to Negotiate and include worksheets to develop resilience skills. The results of the validation test with the media expert, the score obtained was 84.5% (very feasible) and the results of the validation test with a material expert, the score obtained was 80.3% (feasible). So it can be concluded that the development of a self-help book about resilience are categorized as very feasible with an average percentage of 82.4%. Although self-help books can convey good information about resilience, it is hoped that the self-help book about resilience can be tested further on users (students) by further researchers, so that effectiveness and usefulness can be found when it used.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eka Wahyuni, MAAPD. ; 2). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 10454 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2021 03:33
Last Modified: 07 Nov 2022 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15705

Actions (login required)

View Item View Item