MUHAMMAD DANANG MAHARDIKA, . (2021) Pengembangan Permainan Papan Pengetahuan Perundungan pada Peserta Didik Kelas Atas di SD Labschool Cibubur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan papan tentang pengetahuan perundungan peserta didik khususnya di salah satu Sekolah Dasar Swasta, Cibubur. Sampel yang diambil berjumlah 66 peserta didik dengan menggunakan metode convinience sampling. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Design Based Research yang terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) Analisis dan eksplorasi, dilakukan dengan pengumpulan data kepada peserta didik dengan teknik wawancara dan penyebaran angket tingkat pengetahuan perundungan. Hasil rata-rata persentase tingkat pengetahuan peserta didik pada jenjang kelas VI, V, dan VI yaitu sebesar 64%, 91%, dan 80%. Kelas V dan VI berada pada kategori baik dikarenakan sudah mendapatkan materi perundungan, sedangkan kelas IV berada pada kategori cukup karena belum pernah mendapatkan materi perundungan di sekolah. (2) Desain dan Konstruksi, dilakukan dengan membuat kerangka desain serta konten media permainan. Desain yang dibuat mengacu pada permainan monopoli oleh hasbro, dan konten permainan yang dikembangkan berdasarkan referensi teori perundungan oleh Olweus. (3) Evaluasi dan Refleksi, yaitu penelitian yang dilakukan hingga pada tahap Alpha-Test, dengan hasil uji validasi materi dan media secara berurutan memiliki persentase kelayakan sebesar 94,4% dan 84,8% yang berada pada kategori sangat layak, yang artinya media permainan papan yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media bagi peserta didik di sekolah. Kata Kunci: Permainan Papan, Perundungan, Design Based Research This study aims to develop a media board game about student bullying knowledge, especially in one of the private elementary schools, Cibubur. Samples were taken from 66 students using the convinience sampling method. The research was conducted using Design Based Research which consists of three stages, namely (1) Analysis and exploration, carried out by involving data to students with interview techniques and distributing questionnaires to the level of bullying knowledge. The results of the average proportion level of students at the VI, V, and VI grades are 64%, 91%, and 80%. Grades V and VI are in the good category because they have received bullying material, while class IV is in the enough category because they have never received bullying material at school. (2) Design and construction, carried out by creating a design framework and game media content. The design made refers to the game of monopoly by Hasbro, and the game content developed is based on references to the bullying theory by Olweus. (3) Evaluation and Reflection, namely research conducted up to the Alpha-Test stage, with the results of the validation of the material and media sequentially with the appropriate proportion of 94.4% and 84.8% which are in the very feasible category, which means The board game developed can be used as an alternative media for students in school. Key Words: Board Game, Bullying, Design Based Research
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eka Wahyuni, MAAPD. ; 2). Karsih, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 10516 not found. |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 06:15 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 06:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15726 |
Actions (login required)
View Item |