PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SENSORY PATH UNTUK KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

DARA WULANDARIAH, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SENSORY PATH UNTUK KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis sensory path untuk kemampuan motorik kasar siswa kelas II sekolah dasar. Dari data tersebut menyatakan bahwa guru membutuhkan media inovatif yang digunakan untuk meningkatkan motorik kasar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development (R&D) yang menggunakan metode penelitian Borg and Gall untuk memperoleh data sesuai dengan pengembangan media pembelajaran. Penelilitian ini dilakukan di wilayah sekitar rumah dikarenakan terjadinya pandemi Covid-19 dan penelitian hanya dilakukan sampai uji coba Lapangan Utama. Media pembelajaran Portable Sensory Path telah di uji coba oleh ketiga ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran dengan rata-rata hasil uji coba adalah 93,92%. Selain itu sebagai pendukung, penelitian ini di uji coba oleh guru kelas II SD dengan hasil 100%. Media pembelajaran ini melalui dua tahap, yaitu tahap uji coba tahap awal yang dilakukan empat siswa dan uji coba lapangan utama yang dilakukan empat siswa. Rata-rata penilaian siswa terhadap media pembelajaran ini mendapatkan hasil yang sama dari tahap uji coba tahap awal dengan nilai 100% dan uji coba lapangan utama dengan nilai 100%. Hal ini menunjukkan kelayakan media untuk kemampuan motorik kasar siswa kelas II Sekolah Dasar. The research aims to produce a sensory path based learning media product to gross motoric skills for two grade of Elementary School. That is Data, states that teacher neef innovative media that are used to explore gross motoric skills motion students. The research is a Research and Development (R&D) which uses research methods Borg and Gall to obtain data in accordance with the development of learning media. The research was did in the area around the house because it happened pandemic Covid-19 and this research was just the testing main field trials. Learning media portable sensory path has been tested of three experts is media expert,material expert, and learning design expert with the average trial result is 93,92%. Than that as a support, this research was tested by teacher at two grade of Elementary School with the result 100%. This learning media through two stages is the early stage trials which was done by four students and the testing main field trials which was done by four students. The average student assessment of this learning media get the same result from the main field trials phase to the value 100%. It shows eligibility of media to gross motoric skills student for two grade of Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Adi Putra, M.Pd. ; 2). Dr. Iva Sarifah, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10281 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:09
Last Modified: 01 Apr 2021 04:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15735

Actions (login required)

View Item View Item