MEYWAN VADLY, . (2014) PEMBUATAN GENERATOR GAS HHO DAN PENGARUHNYA TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK 135 CC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsii.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsii.pdf Download (2MB) |
Abstract
Konsumsi BBM di Indonesia semakin mengalamipeningkatan.Berbagaicara penghematan dalam penggunaan BBM perlu dilakukan. Berbagai hal pundilakukan untuk menyiasati penghematan BBM untuk kendaraan bermotor.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahanHHO gaspadacampuran bensin dan udara terhadap emisi gas buang CO dan HC pada mesinempat tak empat silinder dan terhadap konsumsi bahan bakar mesin sepeda motor4 tak.Metode yang digunakan dalah eksperimen, dengan pengujian uji “t” untukmelihat seberapa signifikankan pengaruhnya.GeneratorHHOmerupakan tempat penampungan larutanelektrolit,sekaligus tempat berlangsungnya proses elektrolisis untuk menghasilkangasHHO.GasHHOsering disebut jugahydroxy. Dalam pembakaran dapatmenghasilkan energi yang banyakdan hanya membutuhkan arus listrik yangkecil. Perlu diketahui bahwa bahan bakar gas dimaksud bukanlah gas Hidrogen(H2) murni yang merupakan gas diatomik melainkan sering disebut dengan “HHOataugas HydroxyMesin yang ditambahkanHHOgasdapat mengurangi emisi kadar gas CO.Besarnya penurunan CO secara keseluruhan adalah 8,5 % dengan nilai CO padamesin tanpaHHOgassebesar 3,147 %volumedan nilai CO pada mesin denganHHOgassebesar 2,88 %volume. HC yang dihasilkan dari mesin denganHHOgasjuga mengalami penurunan. Besarnya penurunan HC secara keseluruhanadalah 11,1 % dengan nilai HC pada mesin tanpaHHOgas236 ppm dan HC padamesin denganHHOgas209,9 ppm.Besarnya penurunan konsumsi bahan bakar secara keseluruhan adalah17,8%.Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk konsumsi 10 ml bahan bakarmulai dari putaran idle sampai dengan kecepatan 50km/jam dari mesin tanpaHHOgasadalah 174 detik. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk konsumsi 10ml bahan bakar mulai dari putaran idle sampai dengan kecepatan 50km/jam darimesin denganHHOgasadalah 205 detik. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untukkonsumsi 10 bahan bakar denganHHOgasdikurang rata-rata waktu yangdibutuhkan untuk konsumsi bahan bakar tanpaHHOgasadalah 31 detik ************ Fuel consumption in Indonesia has increased. Different ways of saving infuel use needs to be done.Various terms have been undertaken to deal with thefuel savings for motorists.Environmental pollution is of particular concern forboth the government and society.Especially in Jakarta, be it air pollution, waterpollution and soil contamination.HHOGenerator is a reservoir of electrolyte solution, and where theprocess of electrolysis to produceHHOgas.HHOgas is often referred to ashydroxy.In combustion can generate a lot of energy and requires only a smallelectric current. Keep in mind that the fuel gas is not hydrogen gas (H2) which isa pure diatomic gas but is often called "HHOor Hydroxy gas. The term refers tothe production Oxyhydrogen Hydroxy generated from elektrosis process(electrolysis: 2 H2O→ 2 H2 + O2). Hydroxy gas is a mixture of hydrogen (H2)and oxygen gas (O2) that is usually in a 2:1 molar ratio, the same proportion aswater.AddedHHOgas engine can reduce emissions of CO gas concentration.The magnitude of reduction in CO as a whole is 8.5% with a value of CO on amachine withoutHHOgas at 3.147% volume and value of CO on a machine withHHOgas volume by 2.88%. HC generated from the engine withHHOgas alsodecreased. The magnitude of the overall reduction in HC was 11.1% with a valueof HC on a machine withoutHHOgas and 236 ppm HC onHHOgas engine with209.9 ppm.The magnitude of reduction in overall fuel consumption was 17.8%. Theaverage time required for consumption 10 ml of fuel from idle up to speedrotation of the engine 50km/jam withoutHHOgas is 174 seconds. The averagetime required for consumption 10 ml of fuel from idle up tospeed rotation of theengine 50km/jam withHHOgas is 205 seconds. The average time required for thefuel consumption by 10 gasHHOminus the average time required for fuelconsumption withoutHHOgas is 31 seconds
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd. ; 2). Nugroho Gama Yoga, S.T,M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 04:44 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 04:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15754 |
Actions (login required)
View Item |