ANALISIS PENERAPAN METODE DIALOGIC READING DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP EMPATI ANAK SEKOLAH DASAR

DWI SEPTIANI, . (2021) ANALISIS PENERAPAN METODE DIALOGIC READING DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP EMPATI ANAK SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode dialogic reading dalam mengembangkan sikap empati anak sekolah dasar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian studi literature. Literatur yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2020 dan berkaitan dialogic reading dan sikap empati anak sekolah dasar. Hasil dari analisis jurnal yaitu metode dialogic reading dapat mengembangkan sikap empati anak sekolah dasar. Pembacaan buku cerita yang menggunakan metode dialogic reading dapat memfasilitasi anak dalam mengembangkan sikap empati anak sekolah dasar. Aspek empati yang dapat dikembangkan melalui metode dialogic reading tidak hanya mencangkup aspek empati kognitif tetapi juga mencangkup aspek empati afektif anak sekolah dasar. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah penelitian ini hanya sebatas menganalisis, namun peneliti selanjutnya dapat meneliti dengan menerapkan metode dialogic reading dalam pengembangan sikap empati anak sekolah dasar dan di klasifikasi berdasarkan tingkatan kelas pada anak sekolah dasar. Penelitian selanjutnya yang mungkin dapat dilakukan adalah mengeksplor metode dialogic reading dalam mengembangkan literasi, menumbuhkan minat membaca anak dalam menumbuhkan minat membaca anak, pemahaman membaca, dan kemampuan dalam mengaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari. ************* Abstract This study aims to analyze the application of dialogic reading method in developing empathy attitudes of elementary school children. The type of research used is literature study research. The literature used in this study is a journal from 2011 to 2020 and deals with dialogic reading and empathy attitudes of elementary school children. The result of journal analysis is that dialogic reading method can develop empathy attitudes of elementary school children. Reading storybooks using dialogic reading methods can facilitate children in developing empathy attitudes of elementary school children. The empathy aspect that can be developed through the dialogic reading method not only covers the cognitive empathy aspect but also covers the affective empathy aspects of elementary school children. The advice for further research is that this research is only limited to analyzing, but researchers can further examine by applying dialogic reading methods in the development of empathy attitudes of elementary school children and classification based on grade level in elementary school children. Further research that might be done is exploring the use of the dialogic reading method in developing literacy, fostering children's reading interest in fostering children's reading interest, reading comprehension, and the ability to apply it to everyday life.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, ME ; 2). Dr. Phil. Zarina Akbar, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 10509 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2021 04:03
Last Modified: 05 Apr 2021 04:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15771

Actions (login required)

View Item View Item