EVALUASI INSTRUKTUR DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI BBPLK CEVEST BEKASI

RENDHY FRASTYO, . (2016) EVALUASI INSTRUKTUR DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI BBPLK CEVEST BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. Abstrak Indonesia.pdf

Download (85kB)
[img] Text
3. Abstrak Inggris.pdf

Download (131kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar.pdf

Download (155kB)
[img] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (308kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf

Download (940kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)
[img] Text
13. Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (105kB)

Abstract

Instruktur merupakan salah satu komponen terpenting di dalam pelaksanaan pelatihan. Agar instruktur mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam pelatihan dengan baik, mereka perlu mendapatkan pelatihan melaksanakan pembelajaran tatap muka. Pada pelatihan tersebut, instruktur akan memperoleh kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai dengan standar kompetensi metodologi pelatihan sehingga instruktur memiliki kompetensi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi instruktur (peserta pelatihan) dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka di BBPLK CEVEST Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi Donald Kirkpatrick yang berfokus pada level 2 (belajar). Penelitian ini juga merupakan studi sensus atau studi populasi karena peneliti menggunakan seluruh peserta pelatihan angkatan ke-4 yang berjumlah sebelas orang sebagai sampelnya. Data diperoleh melalui penilaian assessor dan pengamatan peneliti yang dilakukan pada saat kegiatan unjuk kerja setiap peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada instruktur (peserta pelatihan) yang harus meningkatkan keterampilan melaksanakan pembelajarannya pada tahap pembuka, inti, dan penutup. Pelatih perlu memberikan bimbingan lebih lanjut dalam bentuk konseling dan coaching guna memastikan kompetensi tercapai secara utuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Robinson Situmorang, M.Pd., ; Drs. Zuhdy Hasibuan, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2019 14:34
Last Modified: 15 Nov 2019 14:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

View Item View Item