MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS TENTANG KOPERASI MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN KARET 04 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

RENSKE YULIANA NAUSENI, . (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS TENTANG KOPERASI MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN KARET 04 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (94kB)
[img] Text
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LERANING TIPE MAKE A MATCH PADA SISW.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena peneliti melihat motivasi belajar siswa masih kurang optimal pada mata pelajaran IPS, dan dipilih dengan metode Cooperative Learning Tipe Make A Match. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk dapat meningkatkan motivasi belajar IPS dikelas IV SDN Karet 04 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karet 04 Pagi Setibudi Jakrta Selatan pada bulan April- Juni 2015. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 42 siswa.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanan dengan menggunakan model Sprial/ siklus dari Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan lembar pengamatan tindakan guru dan siswa yang diisi oleh observer selama mengamati proses pembelajaran. Hasil persentase motivasi belajar IPS rata-rata kelas setiap siklusnya adalah: siklus I mencapai 69,95% dan siklus II mencapai 88,2% berdasarkan hasil analisis tiap siklus mengalami peningkatan persesentase.implikasi hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Make A Match merupakan salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan motivasi belajar IPS di kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ajad Sudrajat S.Pd, M.Pd., ; 2). Dra. Windhiyanti
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 15 Nov 2019 15:04
Last Modified: 15 Nov 2019 15:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item