PENGARUH TEKNIK BUZZ GROUP DISCUSSION DALAM BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MENGENAI PERILAKU PELECEHAN SEKSUAL PADA SISWA KELAS IX TAMAN DEWASA (SMP) TAMANSISWA JAKARTA

Restu Aidah, . (2016) PENGARUH TEKNIK BUZZ GROUP DISCUSSION DALAM BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MENGENAI PERILAKU PELECEHAN SEKSUAL PADA SISWA KELAS IX TAMAN DEWASA (SMP) TAMANSISWA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (375kB)
[img] Text
SKRIPSII.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Buzz Group Discussion terhadap pemahaman siswa mengenai perilaku pelecehan seksual pada siswa kelas IX Taman Dewasa (SMP) Tamansiswa Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX sebanyak 36 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimen, dengan desain one group pre-test post-test design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman berbentuk pilihan ganda sejumlah 56 butir tentang pemahaman mengenai pelecehan seksual yang diuji coba kepada 50 responden. Validitas instrumen diuji menggunakan point biserial dengan hasil 48 butir valid dan 8 butir drop. Setelah Uji Validitas, kemudian butir yang valid kembali diuji daya sukar dan menghasilkan 12 butir soal kategori sulit, 20 butir kategori sedang dan 6 butir soal mudah. Seluruh butir dalam kategori tersebut digunakan dalam instrumen akhir setelah diuji daya beda yang menghasilkan 8 butir kategori baik sekali, 11 butir kategori baik, 24 butir kategori cukup, 3 butir kategori jelek dan 1 butir kategori negatif. Butir soal pada kategori jelek dan negatif kemudian tidak dimasukan ke dalam susunan instrumen akhir. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan Kuder Richard 20 (Kr-20) dan didapatkan hasil 0.821 yang menunjukan bahwa instrumen yang digunakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikansi 0.5%. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan chi kuadrat diperoleh hitung pretest 6.62 dan posttest 9.17 < sebesar 12.59 sehingga data bersifat normal. Uji Homogenitas menggunakan Uji F dan didapatkan hasil < yaitu 1.20 < 1.75 sehingga populasi adalah homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik Buzz Group Discussion berpengaruh positif terhadap pemahaman siswa mengenai perilaku pelecehan seksual dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar 7.42 > t tabel sebesar 1.68. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa teknik Buzz Group Discussion dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai suatu materi khususnya materi pelecehan seksual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Meithy Intan, R.L, M.Pd ; 2). Dra. Endang Setiyowati
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 15 Nov 2019 15:13
Last Modified: 15 Nov 2019 15:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item View Item