PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PERIPANCA PADA PEMBELAJARAN PPKN SD TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Ahmad Baihaqi, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PERIPANCA PADA PEMBELAJARAN PPKN SD TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (151kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (341kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (426kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa Pop-Up Book Peripanca pada pembelajaran PPKn Tema Hidup Bersih dan Sehat. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sembilan tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, revisi uji coba lapangan, uji coba pelaksanaan lapangan, produk akhir. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan peserta didik kelas II sekolah dasar. Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa menunjukkan bahwa tidak adanya penggunaan media di dalam pembelajaran. Hasil rekapitulasi validasi Pop-Up Book Peripanca yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan nilai 96,7%, oleh ahli bahasa mendapatkan nilai 73,3% dan oleh ahli media mendapatkan nilai 96,7%. Hasil rekapitulasi uji coba peserta didik pada tahap one to one test dengan responden sebanyak 3 orang siswa mendapatkan nilai 91,7%, pada tahap small group test dengan responden sebanyak 6 orang siswa mendapatkan nilai 100% dan pada tahap field test dengan responden sebanyak 22 orang siswa mendapatkan nilai 100%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Pop�Up Book Peripanca ini layak digunakan dalam pembelajaran PPKn Tema Hidup Rukun kelas II sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi, M.Pd ; 2). Dr. Fahrurrozi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Apr 2021 10:36
Last Modified: 06 Apr 2021 10:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15883

Actions (login required)

View Item View Item