MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN KEAGUNGAN 01 PAGI JAKARTA BARAT

RIA FARRABILA, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN KEAGUNGAN 01 PAGI JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0.COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
1.ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I Ria.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II Ria.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB III Ria.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV Ria.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB V Ria.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia melalui model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) di kelas V SDN Keagungan 01 Pagi Jakarta Barat yang berjumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun prosedur peneitiannya meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan data pada siklus I, hasil belajar yang diperoleh sebesar 57,5% atau hanya 23 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Pada siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 85% atau sebanyak 34 siswa memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Adapun penggunaan model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) pada siklus I, pemantau tindakan guru dan siswa mencapai 73% dan pada siklus II mencapai 93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Keagungan 01 Pagi Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 15 Nov 2019 15:26
Last Modified: 15 Nov 2019 15:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item View Item