RIA FARRABILA, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN KEAGUNGAN 01 PAGI JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
0.COVER.pdf Download (202kB) |
|
Text
1.ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB I Ria.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB II Ria.pdf Download (379kB) |
|
Text
BAB III Ria.pdf Download (528kB) |
|
Text
BAB IV Ria.pdf Download (614kB) |
|
Text
BAB V Ria.pdf Download (258kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (213kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia melalui model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) di kelas V SDN Keagungan 01 Pagi Jakarta Barat yang berjumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun prosedur peneitiannya meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan data pada siklus I, hasil belajar yang diperoleh sebesar 57,5% atau hanya 23 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Pada siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 85% atau sebanyak 34 siswa memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Adapun penggunaan model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) pada siklus I, pemantau tindakan guru dan siswa mencapai 73% dan pada siklus II mencapai 93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Keagungan 01 Pagi Jakarta Barat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 15 Nov 2019 15:26 |
Last Modified: | 15 Nov 2019 15:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1589 |
Actions (login required)
View Item |