ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH DASAR

KAMILA MALINDA, . (2021) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (457kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan buku, jurnal serta sumber relevan yang sesuai dengan permasalahan penelitian. Langkah-langkah kajian yang digunakan pada penelitian ini dikembangkan oleh John Creswell yang terdiri dari identifikasi masalah, penelusuran masalah, maksud dan tujuan penelitian, pengumpulan data, analisis data dan pelaporan. Berdasarkan hasil analisis dari sumber data yang telah diperoleh, model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Selain pengaruh dan efektifitas pada kemampuan berpikir kritis siswa, model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan siswa menjadi lebih aktif dan percaya diri selama pembelajaran dan juga berpengaruh terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam. Maka dari itu, model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dapat dijadikan sebagai salah satu model alternatif yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan kualitas pembelajaran. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Model Pembelajaran, Predict-Observe-Explain (POE), Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Dasar. This research aims to study dan analyze Predict-Observe-Explain (POE) learning model on student’s critical thinking skills in elementary school. The research method that been used is literature study. The data collecting in this research using books, journals, and any relevant sources which have similar problem with researcher. Data steps in this study were developed by John Creswell which consisted of problem identification, problem tracking, reaserch aims and objectives, data collection, data analysis and reporting. Based on the data sourced, The Predict-Observe-Explain (POE) learning model has an influence critical thinking skills in elementary school. Besides that, the Predict-Observe-Explain (POE) learning model makes science learning more interesting and students become more active and convident during learning process and also can improve learning outcome in natural science. Therefore, the Predict-Observe-Explain (POE) learning model can be used as an alternative model that affects critical thinking skills and learning quality process. Keywords: Critical Thinking, Learning Model, Predict-Observe-Explain (POE), Natural Science, Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd 2). Uswatun Hasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10519 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2021 06:20
Last Modified: 12 Apr 2021 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15965

Actions (login required)

View Item View Item