HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DENGAN HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK (Studi Pada SMK Negeri 1 Tambelang)

RAHMAN DARMAWAN, . (2014) HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DENGAN HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK (Studi Pada SMK Negeri 1 Tambelang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (70kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data/fakta yang tepat (sahih, benar, valid)dan dapat dipercaya (reliable). Bahwa diduga adahubungan yang positifantarahasil belajargambar teknikdengan hasil belajarInstalasi tenaga listrikpada siswa kelasX di SMK Negeri1 Tambelang.Penelitian ini dilakukan selama2bulan sejak bulanAprilsampaiMei2014, penelitianini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tambelang, Kabupaten bekasi.Metode penelitian yangdigunakan adalah metodedeskriptifdengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X TK (Teknik Ketenaga Listrikan).Populasi terjangkau siswakelas X Teknik Ketenaga Listrikan sebanyak 80 orang. Sampling jenuh digunakan karenajumlah populasireltif kecil, kurang dari 100 orang maka disebut sampling jenuh atau sensus.Untuk mendapatkan data variabel X (Hasil belajar gambar teknik) digunakaninstrumen berbentuktesyang disebarkan kepada siswa kelas X Teknik Ketenaga Listrikan,Setelah itu dilakukanuji validitas isi,uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan dayapembeda. Hasil reliabilitas variabel X (Hasil belajar gambar teknik) sebesar 0,712. Danvariabel Y (Hasil Belajar), diperoleh melalui data sekunder berupa hasil ulanganakhirsemesterpelajaranInstalasi tenaga listrik.Untuk tingkat kesukaran soal diperoleh2 soalsangat mudah, 18 soal mudah, 26 soal sedang, 3 soal sukar, dan 1 soal sangat sukar.Sedangkan hasil daya pembeda diperoleh9 soal buruk, 10 soal cukup,24 soal sedang, dan 7soal baik.Dari hasil uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembedadidapatkan 35 soal layak digunakan dan 15 soal tidak layak digunakan.Akan tetapi soal yangdigunakan untuk mengambil tes hasil belajar adalah berjumlah 30 soal.Uji prasyarat Analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yangdidapat adalahŶ=34,07+ 0,499X. Selanjutnya adalah uji Liliefors dandiperoleh rumusLhitung= 0,1337dibandingkan dengan Ltabelpada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,099. Maka Lo< Lt,berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieranmenghasilkan Fhitung(0,86) < Ftabel(2,35), ini berarti model regresi yang dipakai liner.Uji keberartianregresi diperoleh Fhitung(38,20)> Ftabel(3,96), ini membuktikan bahwaregresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxysebesar 0,573.Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasilyang diperoleh adalah thitung(6,33) sedangkan ttabelpada dk = n-2 =80-2 =78dan tarafsignifikansi 0,05 adalah (1,66) berarti thitung> ttabel.Kesimpulannya terdapat hubungan yangpositif antara hasil belajar gambar teknik dengan hasil belajar instalasi tenaga listrik. *********** This study aims to get the data / facts right (valid, true, valid) and trustworthy(reliable). Suspected that there is a positive relationship between learning outcomes learningoutcomes of engineering drawings with installation of electricity in class X in SMK Negeri 1Tambelang.This research was carried out for 2 months fromApril to May 2014, research wasconducted at SMK Negeri 1 Tambelang, Bekasi regency. The method used is descriptivemethod with a correlation approach. The study population was all students kindergarten classX (Technical ELECTRICITY). Population affordable class X ELECTRICITY technique asmany as 80 people. Sampling saturated reltif used because the population is small, less than100 people, the so-called saturation sampling or census.To get the data variable X (Result learn drawing techniques) used in the form of testinstruments distributed to the students of class X ELECTRICITY Engineering, After thecontent validity test, reliability test, and about the level of difficulty distinguishing. Results ofthe reliability of the variable X (Results of learning engineering drawing) of 0.712. And Y(Learning Outcomes), obtained through secondary data such as the results of the finalsemester of study replicates Installation of electric power. For about the difficulty level 2matter very easily obtained, 18 easyquestions, 26 questions are, 3 difficult matter, and onevery difficult question. While the results obtained distinguishing bad about 9, 10 aboutenough, is about 24, and 7 about either. From the results of test validity, reliability, testdifficulty level, and distinguishing obtained 35 test questions and 15 questions worth usedimproperly used. But the questions that used to take achievement test is numbered about 30.Prerequisite test analysis is done by looking for the regression equation obtained wasY = 34.07 + 0,499X. Next is to test and obtained the formula Liliefors Lhitung = 0.1337compared with Ltabel at significant level of 0.05 was 0.099. So Lo <Lt, the estimated meanerror of Y on X is normally distributed. While the linearity test yield of F(0,86) <F table(2.35), this means linear regression models were used.Test the significance of regression of F (38.20)>F (3.96), this proves that the meanregression. Test the product moment correlation coefficient rxy yield of 0.573. Then proceedwith the coefficient significance test using the t test. The results obtained are tcount (6.33)while ttable on df = n-2 = 80-2 = 78 and a significance level of 0.05 is (1.66) means t count>t table. In conclusion there is a positive relationship between learning outcomes with thelearning outcomes of engineering drawing power installations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Wisnu Djatmiko, MT ; 2). Drs. Readysal Monantum
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:31
Last Modified: 16 Apr 2021 03:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16005

Actions (login required)

View Item View Item