RIZKI DWI ALFIANTI, . (2016) PENGEMBANGAN MANUAL KEGIATAN PELATIHAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MEMBANTU MENANGANI KONFLIK ORANGTUA-REMAJA PADA SISWA DI SEKOLAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (25kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN (SCAN).pdf Download (202kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (235kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (85kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (582kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (224kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (241kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (95kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (224kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun manual kegiatan bagi pelatihan guru Bimbingan dan Konseling untuk membantu menangani konflik orangtua-remaja pada siswa di sekolah. Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Reasearch and Development) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Program yang dihasilkan bersifat hipotetik yang telah divalidasi oleh tiga dosen ahli menyangkut media dan pelatihan. Hasil penelitian yang diperoleh berupa manual kegiatan pelatihan yang berisi : latar belakang manual kegiatan pelatihan, penggunaan manual kegiatan pelatihan, tujuan kegiatan pelatihan, sasaran kegiatan pelatihan, fasilitator pelatihan, peserta pelatihan, indicator keberhasilan kegiatan pelatihan, waktu dan tempat kegiatan pelatihan, penyusunan ruang dalam kegiatan pelatihan, durasi pelatihan, tema-tema dalam pelatihan (definisi keluarga, fungsi keluarga, siklus perkembangan keluarga, konflik orangtua-anak, pola asuh orangtua, komunikasi efektif antara orangtua-anak), lembar materi, lembar kerja, lembar permainan pada masing-masing tema serta proses kegiatan pelatihan mengenai instruksi bagi fasilitator kepada peserta pelatihan. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa pengembangan manual kegiatan pelatihan memiliki nilai dan tergolong dalam kategori layak. Berdasarkan uji validitas ahli maka manual kegiatan pelatihan yang disusun layak untuk selanjutnya digunakan dalam kegiatan pelatihan bagi guru Bimbingan dan Konseling. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan menjadi media pembelajaran yang dapat digunakan oleh fasilitator dalam pelatihan bertema keluarga bagi guru Bimbingan dan Konseling. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan dasar pengetahuan bagi guru Bimbingan dan Konseling dalam membuat Layanan Bimbingan dan Konseling bertema keluarga. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya adalah menerapkan tahap uji coba sampai tahap diseminasi hasil sehingga manual kegiatan pelatihan dapat diterapkan dalam pelatihan Bimbingan Konseling bertema keluarga.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Susi Fitri, S.Pd, M.Psi. Kons., ; 2). Karsih, M.Pd., |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 15 Nov 2019 16:59 |
Last Modified: | 15 Nov 2019 16:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1601 |
Actions (login required)
View Item |