PENGEMBANGAN MANUAL KEGIATAN PELATIHAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MEMBANTU MENANGANI KONFLIK ORANGTUA-REMAJA PADA SISWA DI SEKOLAH

RIZKI DWI ALFIANTI, . (2016) PENGEMBANGAN MANUAL KEGIATAN PELATIHAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MEMBANTU MENANGANI KONFLIK ORANGTUA-REMAJA PADA SISWA DI SEKOLAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN (SCAN).pdf

Download (202kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (241kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (95kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun manual kegiatan bagi pelatihan guru Bimbingan dan Konseling untuk membantu menangani konflik orangtua-remaja pada siswa di sekolah. Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Reasearch and Development) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Program yang dihasilkan bersifat hipotetik yang telah divalidasi oleh tiga dosen ahli menyangkut media dan pelatihan. Hasil penelitian yang diperoleh berupa manual kegiatan pelatihan yang berisi : latar belakang manual kegiatan pelatihan, penggunaan manual kegiatan pelatihan, tujuan kegiatan pelatihan, sasaran kegiatan pelatihan, fasilitator pelatihan, peserta pelatihan, indicator keberhasilan kegiatan pelatihan, waktu dan tempat kegiatan pelatihan, penyusunan ruang dalam kegiatan pelatihan, durasi pelatihan, tema-tema dalam pelatihan (definisi keluarga, fungsi keluarga, siklus perkembangan keluarga, konflik orangtua-anak, pola asuh orangtua, komunikasi efektif antara orangtua-anak), lembar materi, lembar kerja, lembar permainan pada masing-masing tema serta proses kegiatan pelatihan mengenai instruksi bagi fasilitator kepada peserta pelatihan. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa pengembangan manual kegiatan pelatihan memiliki nilai dan tergolong dalam kategori layak. Berdasarkan uji validitas ahli maka manual kegiatan pelatihan yang disusun layak untuk selanjutnya digunakan dalam kegiatan pelatihan bagi guru Bimbingan dan Konseling. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan menjadi media pembelajaran yang dapat digunakan oleh fasilitator dalam pelatihan bertema keluarga bagi guru Bimbingan dan Konseling. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan dasar pengetahuan bagi guru Bimbingan dan Konseling dalam membuat Layanan Bimbingan dan Konseling bertema keluarga. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya adalah menerapkan tahap uji coba sampai tahap diseminasi hasil sehingga manual kegiatan pelatihan dapat diterapkan dalam pelatihan Bimbingan Konseling bertema keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Susi Fitri, S.Pd, M.Psi. Kons., ; 2). Karsih, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 15 Nov 2019 16:59
Last Modified: 15 Nov 2019 16:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item