MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PENELITIAN TINDAKAN KELAS V SDN UTAN KAYU SELATAN 17 PAGI)

NURKHOLISOH, . (2021) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PENELITIAN TINDAKAN KELAS V SDN UTAN KAYU SELATAN 17 PAGI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (582kB)
[img] Text
2. ABSTRAK INDO DAN INGGRIS_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (614kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (497kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (351kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (523kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (545kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (651kB)
[img] Text
8. BAB 1_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (589kB)
[img] Text
9. BAB 2_NURKHOLISOH_1815163527.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 3_NURKHOLISOH_1815163527.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4_NURKHOLISOH_1815163527.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB 5_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (540kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (566kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN_NURKHOLISOH_1815163527.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP_NURKHOLISOH_1815163527.pdf

Download (544kB)

Abstract

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Penelitian Tindakan Kelas V SDN Utan Kayu Selatan 17 Pagi) (2021) Nurkholisoh ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui model active learning dalm pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa kelas V SDN Utan Kayu Selatan 17 Pagi. Jenis penelitian ini adalah classroom action and research atau penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan dari penelitian ini adalah model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan data observasi, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendapatkan hasil pengukuran daya beda, tingkat kesukaran soal, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus empat kali tindakan pada siklus pertama, dan empat kali tindakan pada siklus kedua. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, nilai rata-rata pratindakan adalah 63,00 (kategori cukup), sedangkan setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 79,43 (kategori baik), dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85,00 (kategori baik). Hasil persentase adalah 46,36% pada pratindakan menjadi 59,09% (kategori tinggi) pada siklus I, dan kemudian meningkat menjadi 72,27% (kategori tinggi) pada siklus II. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model active learning dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama dalam kondisi pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, berdasarkan penelitian ini model active learning dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Utan Kayu Selatan 17 Pagi. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Active Learning, Pembelajaran Jarak Jauh. IMPROVING UNDERSTANDING READING SKILLS THROUGH ACTIVE LEARNING MODELS IN DISTANCE LEARNING (Class V Action Research at SDN Utan Kayu Selatan 17 Pagi) (2021) Nurkholisoh ABTRACT This study aims to determine the improvement of reading comprehension skills through the active learning model in distance learning (PJJ) for fifth grade students at SDN Utan Kayu Selatan 17 Pagi. This type of research is classroom action and research or classroom action research. The model used in this study is the spiral model from Kemmis and Mc. Taggart. This research data collection technique using qualitative and quantitative approaches. The qualitative approach was used to obtain the observational data, while the quantitative approach was used to obtain the measurement results of the difference power, the difficulty level of the questions, and the learning outcomes test. This research was conducted in two cycles. Each cycle has four actions in the first cycle, and four actions in the second cycle. Based on the research that has been done, the pre-action average score is 63.00 (sufficient category), while after the action was taken in the first cycle the average value increased to 79.43 (good category), and in the second cycle the class average value increased to 85.00 (good category). The percentage yield was 46.36% in pre-action to 59.09% (high category) in cycle I, and then increased to 72.27% (high category) in cycle II. The results of this study indicate that the active learning model can improve students' reading comprehension skills in Indonesian language learning, especially in conditions of distance learning. Thus, based on this study, the active learning model can be used to improve reading comprehension skills of fifth grade students at SDN Utan Kayu Selatan 17 Pagi. Keywords: Reading Comprehension Skills, Active Learning Model, Distance Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. 2). Linda Zakiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10544 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:19
Last Modified: 20 Apr 2021 03:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16014

Actions (login required)

View Item View Item