RIDZKI MUHAMMAD FARHAN, . (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI AJAR GIZI REMAJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI AJAR GIZI REMAJA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
iPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI AJAR GIZI REMAJARIDZKI MUHAMMAD FARHANABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis jaringan sebagai media pembelajaran di program studiTata Boga Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakartamengenai subbahasan gizi remaja pada matakuliah gizi terapan. Prosedur pengembangan yang dilakukan sebagai acuan dalam mengembangkan media adalah ADDIE yang telah disepakati bersama oleh para pakar desainer pembelajaran. Langkah-langkah pengembangan terdiri dari: (a) Analysis/ (Analisis), (b) Design(Disain), (c) Development(Pengembangan), (d) Implementation (Implementasi) dan (e)Evaluation(Evaluasi).Berdasarkan hasil uji coba diperoleh bahwa untuk aspek penilaian media pembelajaran pada uji coba perorangan (one to one) mendapatkan nilai rata-rata 4,00 yang berarti kualitas media sangat baik, penilaian dari ahli media (expert review) mendapatkan nilairata-rata 3,78 yang berarti kualitas media baik, penilaian dari ahli materi (expert review) mendapatkan nilai rata-rata 4,05 yang berarti kualitas media sangat baik, penilaian media pembelajaran pada uji coba terbatas (small group) mendapatkan nilai rata-rata 3,66yang berarti kualitas media baik. Hasil pengujian tersebut menunjukkan kualitas media pembelajaran pada perkuliahanhibridasubbahasan gizi remaja pada matakuliah gizi terapan sudah memenuhi syarat media yang baik sebagai media pembelajaran pada perkuliahan hibrida di program studiTata Boga Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. ************* This study investigated subsection of adolescent nutrition in applied nutrition course. The goalsof this study isto developa network-based learning media as media of learning in Gastronomy, Family Welfare Science Faculty of Enginnering State University of Jakarta. Development procedure which was conducted as a reference in developing media is ADDIE which has been agreed by learning design expert. The steps consist of: (a) Analysis, (b) design, (c) Development, (d) Implementation and (e) Evaluation. The result of test showed that the learning media assessment on individual test (one to one) is average 4,00. It means that the media quality is very good. In addition, the result of expert review for media is average 3,78. It showed that it is good quality. Then, the result of expert review for the material is average 4,05. It is showed that the quality of media is very good. The learning media assessment for limited test (small group) is 3,66. It means that it is good quality. In other words, the result above showed that the quality of learning media in sub section of adolescent nutrition, in applied nutrition has been fulfilled the requirement of a good learning media in hybrid course onGastronomy,Family Welfare Science Faculty of Enginnering State University of Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Dewi Salma Prawiradilaga, M.Sc. Ed. ; 2). Dr. Ari Istiany, M,Si. |
Subjects: | Tata Rias > Tata Boga |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 04:16 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 01:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16016 |
Actions (login required)
View Item |