MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN MELALUI MEDIA FINGER SAND PAINTING ALPHABET (Penelitian Tindakan Kelas di SLB C Kembar Karya Perumnas Klender)

ROSIFAH, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN MELALUI MEDIA FINGER SAND PAINTING ALPHABET (Penelitian Tindakan Kelas di SLB C Kembar Karya Perumnas Klender). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ROSIFAH.pdf

Download (17MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (125kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui media finger sand painting alphabet peserta didik hambatan intelektual ringan kelas II di SLB C Kembar Karya Prumnas Klender. Subjek penelitian ini adalah peserta didik hambatan intelektual rinagn kelas II di SLB C Kembar Karya sebanyak 3 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan belajar tuntas, yang menghasilkan peningkatan prosentase hasil belajar yang peneliti telah menetapkan kriteria ketuntasan minimal 60% untuk kemampuan menulis permulaan. Sebelum melakukan tindakan siklus I, peneliti mengadakan pra tes untuk memperoleh hasil dibawah 60% berarti masih dibawah ketuntasan minimal yang sudah ditentukan. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus akhir 2 diperoleh data bahwa dua dari tiga subjek penelitian telah memperoleh nilai tes antara 60% berarti telah memenuhi kriteria ketuntasan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa media finger sand painting alphabet dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan bagi peserta didik hambatan intelektual ringan di SLB C Kembar Karya Prumnas Klender.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Wuryani, M. Pd ; 2). Drs. Ibrahim Abidin, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Nov 2019 10:40
Last Modified: 18 Nov 2019 10:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item