PENGARUH PARTISIPASI WARGA BELAJAR TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM KEJAR PAKET B DI PKBM NEGERI 21 TEBET TIMUR

AHMAD MUHAJIR, . (2019) PENGARUH PARTISIPASI WARGA BELAJAR TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM KEJAR PAKET B DI PKBM NEGERI 21 TEBET TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (526kB)
[img] Text
3. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (402kB)
[img] Text
4. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (99kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
11. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
11. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
11. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
11. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi warga belajar terhadap proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada pendidikan kesetaraan program kejar paket B di PKBM Negeri 21 Tebet Timur. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh warga belajar paket B di PKBM Negeri 21 Tebet Timur dengan Sampel sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan adalah metode campuran (Mix Methods) dengan pendekatan asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan t hitung (4,195) > t tabel (1,701) yang artinya bahwa adanya pengaruh partisipasi warga belajar terhadap proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada pendidikan kesetaraan program kejar paket B di PKBM Negeri 21 Tebet Timur. Hal ini menunjukan Warga belajar memberikan respon positif terhadap seluruh pernyataan instrumen partisipasi warga belajar dan proses pembelajaran serta dengan dibuktikannya terdapat korelasi yang signifikan antara Partisipasi Warga Belajar dengan Proses Pembelajaran, oleh sebab itu, tutor perlu mengeksplorasi tentang pembelajaran yang baik dan menyenangkan, agar warga belajar terus mengikuti pembelajaran dengan baik tanpa paksaan menuju kemandirian di dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Puji Hadiyanti, M,si ; 2). Drs. Ahmad Tijari M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2021 04:51
Last Modified: 30 Apr 2021 04:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16103

Actions (login required)

View Item View Item