PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN PELA MAMPANG

AJENG NUR FITRIANA, . (2019) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN PELA MAMPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (348kB)
[img] Text
4. SURAT ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (256kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (280kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar Pada Muatan Ilmu Pengetahuan Alam dengan pokok bahasan hubungan gaya dan gerak, semester kedua tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Pela Mampang 03 Pagi, Jakarta Selatan. Sampel dipilih menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 24 siswa untuk kelompok eksperimen dan 24 siswa untuk kelompok kontrol. Data diambil menggunakan tes dalam bentuk uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data posttest dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t-test. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok memperoleh t-hitung sebesar 3,92998 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 46 adalah sebesar 1,684 sehingga dapat dikatakan t-hitung>t-tabel yang artinya hipotesis kerja (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas empat sekolah dasar dalam muatan Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd ; 2). Nidya Chandra M.U, S.Pd, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 30 Apr 2021 06:25
Last Modified: 30 Apr 2021 06:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16106

Actions (login required)

View Item View Item