AJENG NUR FITRIANA, . (2019) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN PELA MAMPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (191kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf Download (348kB) |
|
Text
4. SURAT ORISINALITAS (SCAN).pdf Download (256kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (280kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (330kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar Pada Muatan Ilmu Pengetahuan Alam dengan pokok bahasan hubungan gaya dan gerak, semester kedua tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Pela Mampang 03 Pagi, Jakarta Selatan. Sampel dipilih menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 24 siswa untuk kelompok eksperimen dan 24 siswa untuk kelompok kontrol. Data diambil menggunakan tes dalam bentuk uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data posttest dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t-test. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok memperoleh t-hitung sebesar 3,92998 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 46 adalah sebesar 1,684 sehingga dapat dikatakan t-hitung>t-tabel yang artinya hipotesis kerja (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas empat sekolah dasar dalam muatan Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd ; 2). Nidya Chandra M.U, S.Pd, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 06:25 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 06:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16106 |
Actions (login required)
View Item |