KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MELALUI PENDEKATAN STEAM DI SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR)

Ni Ketut Resi Yuliari, . (2021) KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MELALUI PENDEKATAN STEAM DI SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (543kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi literatur terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) melalui pendekatan pembelajaran STEAM di sekolah dasar. Penelitian ini juga bertujuan memberikan gambaran bagaimana menerapkan pendekatan STEAM sehingga keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dapat meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi literatur.Literatur yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2020 dan berkaitan STEAM dan higher order thinking skills siswa sekolah dasar. Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan dianalisa dengan analisa Miles dan Hubberman. Analisa dilakukan dengan mencari literatur yang sesuai dengan kata kunci yang dicari dalam penelitian ini. Hasil dari analisis jurnal yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat meningkat melalui pendekatan STEAM siswa sekolah dasar. Pendekatan STEAM menjadikan siswa bertanya seperti ilmuwan, mendesain seperti seseorang yang ahli teknologi, membangun seperti seorang insiyur, membuat seperti seorang seniman, dan menyimpulkan seperti matematikawan karena integrasi disiplin ilmu pada pendekatan STEAM. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah penelitian ini hanya sebatas menganalisis literatur, namun diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti dengan menerapkan pendekatan pembelajaran STEAM dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. Penelitian selanjutnya yang mungkin dapat juga dilakukan adalah mengeksplor peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pendekatan pembelajaran lain. This study aims to conduct a literature study on higher order thinking skills through the STEAM learning approach in elementary schools. This study also aims to provide an overview of how to apply the STEAM approach so that students' higher order thinking skills can improve. The type of research used is literature study research. The literature used in this study is a journal from 2013 to 2020 and is related to STEAM and higher order thinking skills of elementary school students. The methodology in this research is qualitative and analyzed with Miles and Hubberman analysis. The analysis is carried out by searching for literature that matches the keywords that are searched for in this study. The result of the journal analysis is that higher order thinking skills can be improved through the STEAM approach of elementary school students. The STEAM approach makes students ask like scientists, design like someone who is a technologist, build like an engineer, make like an artist, and conclude like mathematicians because of the integration of disciplines into the STEAM approach. Suggestions for further research are that this research is limited to analyzing the literature, but it is hoped that further researchers can research by applying the STEAM learning approach in improving the higher order thinking skills of elementary school students. Further research that might also be done is exploring the improvement of higher order thinking skills in other learning approaches

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Sumiyati, M.Pd. ; 2). Dr. Wirda Hanim, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 10503 not found.
Date Deposited: 03 May 2021 07:37
Last Modified: 24 Oct 2022 06:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16123

Actions (login required)

View Item View Item