MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD BARUNAWATI III TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA

RUTH JULIANA, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD BARUNAWATI III TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (90kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
keaslian skripsi.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang bertujuan untuk melakukan suatu perubahan dan pembaharuan model pembelajaran di Sekolah Dasar dan untuk memecahkan berbagai permasalahan melalui penerapan langsung di kelas. Perubahan yang dimaksud adalah berupa peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2015 sampai Januari 2016 di SDS Barunawati III Jalan Ganggeng II Tanjung Priok Jakarta Utara. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDS Barunawati III sebanyak 31 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Kemmis and Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil nilai rata-rata kelas setiap siklusnya adalah: siklus 1 mencapai 64,53 dan siklus 2 mencapai 90,32. Berdasarkan analisis, setiap siklus mengalami peningkatan nilai. Implikasi hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual merupakan salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Melalui pendekatan kontekstual siswa akan membangun sendiri pengetahuannya dan selalu mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa sehingga proses pembelajaran menyenangkan dan lebih bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, M.Pd., ; 2). Dra. Dewi Hartanti, M.A.,
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2019 11:35
Last Modified: 18 Nov 2019 11:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item