Peningkatan Partisipasi Orang Tua dalam Program Pembelajaran di Kelompok B Usia 5-6 Tahun Melalui Buku Komunikasi (Penelitian Tindakan di TK Labschool UNJ Duren Sawit, Duren Sawit, Jakarta Timur)

WINA NAWANGSARI, . (2017) Peningkatan Partisipasi Orang Tua dalam Program Pembelajaran di Kelompok B Usia 5-6 Tahun Melalui Buku Komunikasi (Penelitian Tindakan di TK Labschool UNJ Duren Sawit, Duren Sawit, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 Cover Halaman Depan.pdf

Download (493kB)
[img] Text
2 Abstrak & Abstract.pdf

Download (319kB)
[img] Text
3 Lembar Persetujuan.pdf

Download (169kB)
[img] Text
4 Lembar Orisinalitas.pdf

Download (541kB)
[img] Text
5 Kata Pengantar.pdf

Download (192kB)
[img] Text
6 Daftar Isi.pdf

Download (123kB)
[img] Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB I HARDCOVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB II HARDCOVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text
BAB III HARDCOVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text
BAB IV HARDCOVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V HARDCOVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam program pembelajaran di Kelompok B melalui penggunaan buku komunikasi di TK Labschool UNJ Duren Sawit, Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan bulan November 2015 sampai Januari 2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan melalui dua siklus penelitian. Tiap siklus terdiri dari perencanan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 10 orang tua di Kelompok B yang partisipasinya dalam kegiatan pembelajaran anak di sekolah belum maksimal. Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara partisipasi orang tua sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Data pra intervensi partisipasi orang tua dalam program pembelajaran anak sebesar 32%, di akhir siklus I partisipasi orang tua dalam program pembelajaran meningkat menjadi 62%, dan di akhir siklus II partisipasi orang tua dalam program pembelajaran meningkat menjadi 83%. Data tersebut membuat hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penggunaan buku komunikasi dapat meningkatkan partisipasi orang tua dalam program pembelajaran di Kelompok B TK Labschool UNJ Duren Sawit dengan demikian dapat diterima. Hasil data kualitatif menunjukkan bahwa melalui penggunaan buku komunikasi orang tua dapat terlibat aktif dalam mengamati perkembangan anak di rumah, mendampingi perilaku anak di rumah, membangun komunikasi positif dengan guru terhadap perkembangan anak, memfasilitasi minat anak, dan membantu proses pembelajaran di kelas. Implikasi dalam penelitian ini diketahui bahwa penggunaan buku komunikasi dapat diterapkan oleh guru dan orang tua di pendidikan anak usia dini sebagai alternatif dalam meningkatkan partisipasi orang tua dalam program pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Wulan, M.Si ; 2). Dr. Nurjannah, SP, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 17 Jun 2021 04:15
Last Modified: 17 Jun 2021 04:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16228

Actions (login required)

View Item View Item