MENINGKATKAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

SILVIA VERA IRIYANTI REAWARU, . (2015) MENINGKATKAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
ABSTRCT.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (97kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap siswa terhadap Matematika melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V tentang Perbandingan Suhu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan MC. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan metode proses siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan pembelajaran. Dengan demikian selama penelitian telah dilaksanakan empat kali pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan bahwa diperoleh data yaitu pada sikap siswa terhadap matematika siklus I dengan rata-rata sikap siswa terhadap matematika sebesar 36,67% (11 siswa) mendapat skor sikap ≥ 61, sedangkan pada sikap dalam pembelajaran siklus II dengan rata-rata nilai sebesar 100,0% (30 siswa) mendapat skor sikap ≥ 61 dengan skor secara teoretik berkisar dari 20-80. Dengan demikian, pelaksanaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Matematika tentang perbandingan suhu pada siswa kelas V SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan telah menujukkan sikap siswa yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase sikap siswa dari siklus I terhadap siklus II yang semakin meningkat. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa meningkatkan sikap siswa terhadap matemetika melalui pendekatan kontekstual dapat dijadikan salah satu pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan sikap siswa terhadap Matematika pada siswa SDN Menteng Atas 06 Pagi setiabudi Jakarta selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd., ; 2). Dra. Endang M Kurnianti, M.Ed.,
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Nov 2019 12:54
Last Modified: 18 Nov 2019 12:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item