Vivie Annisa Desita, . (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENTRA PADA LABS CERDAS CERIA (Penelitian Evaluatif Di TK B Labschool Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Abstrak.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (221kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (196kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (310kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (284kB) |
|
Text
Lembar Persetujuan Pembimbing dan Pengesahan Panitia Sidang Skripsi.pdf Download (253kB) |
|
Text
Surat Keaslian Skripsi.pdf Download (196kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas pembelajaran sentra pada labs cerdas ceria di TK B Labschool Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur kesesuaian penerapan pembelajaran sentra, sehingga dapat diketahui tingkat kesesuaian penerapan pembelajaran sentra di TK B Labschool Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga macam yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis data lima komponen pembelajaran yaitu tujuan, materi, metode, media dan evaluasi pembelajaran. Data tersebut kemudian diolah dan dihitung dengan deskriptif persentase untuk menentukan efektivitas pembelajaran sentra pada labs cerdas ceria. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran yang dilakukan di labs cerdas ceria tergolong sangat efektif. Hal ini di karenakan data persentase yang di dapatkan di labs cerdas ceria adalah 88,54 %. Kesimpulan dari penelitian ini mengenai lima komponen pembelajaran pada labs cerdas ceria yaitu tujuan pembelajaran pada umumnya mampu mengembangkan aspek perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa, materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dilakukan dengan cara guru menjelaskan dengan objek nyata yang dapat anak amati dan menggunakan video mengenai sub tema, metode pembelajaran pada keterangan yang terdapat di Rencana Kegiatan Sentra (RKS) menggunakan metode penugasan dan praktek langsung, media pembelajaran berjumlah 27 jenis media dengan total media yang tergolong cukup untuk pembelajaran pada anak usia dini, dan penilaian harian menggunakan ceklis dan catatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd ; 2). Hikmah, MM. M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 05:04 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 05:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16232 |
Actions (login required)
View Item |