DISPLAY LINGKUNGAN BELAJAR BERBASIS TEMATIK DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM FITRAH AL FIKRI (Studi Fenomenologis di TK Islam Fitrah Al Fikri, Depok Jawa Barat)

UKHTI MASRURIN, . (2019) DISPLAY LINGKUNGAN BELAJAR BERBASIS TEMATIK DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM FITRAH AL FIKRI (Studi Fenomenologis di TK Islam Fitrah Al Fikri, Depok Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (116kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (903kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan display lingkungan belajar berbasis tematik di TK Islam Fitrah Al Fikri Depok yang dilaksanakan pada bulan Juli – November 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologis. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan display lingkungan belajar berbasis tematik di TK Islam Fitrah Al Fikri memiliki tujuan untuk penguatan terhadap proses pembelajaran. Pelaksanaan display lingkungan belajar dilakukan oleh guru dan karyawan dimulai dari perencanaan, proses pembuatan, penataan, proses pembelajaran, hingga evaluasi. Penataan display lingkungan belajar didisplay sesuai dengan tema pembelajaran yang sedang berlangsung. Anak-anak memberikan respon yang positif terhadap lingkungan belajarnya. Tidak hanya guru dan karyawan yang terlibat dalam pelaksanaan display lingkungan belajar, namun anak juga dilibatkan dalam hal yang bersifat penambahan seperti display hasil karya anak dan hiasan-hiasan pada display yang sudah ada. Evaluasi dilakukan dengan dua tahap yaitu selama tema pembelajaran berlangsung dan setelah selesai tema pembelajaran atau closing tema. Evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah selaku supervisor lembaga, guru, dan karyawan yang terlibat langsung dalam proses penataan display

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis, S.Pd., M.Pd ; 2). Dr. Nurjannah, SP. M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 18 Jun 2021 04:23
Last Modified: 18 Jun 2021 04:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16244

Actions (login required)

View Item View Item