MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR EKSPRESIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di RA YANIIC, Sukapura, Jakarta Utara)

TITIN ANGGRAENI, . (2018) MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR EKSPRESIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di RA YANIIC, Sukapura, Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
Image
LEMBER PERSETUJUAN.jpg

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PERNYATAAN KEASLIAN.jpg

Download (474kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun di RA YANIIC melalui kegiatan menggambar ekspresif. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di RA YANIIC sebanyak 15 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan lapangan, catatan wawancara, dan data dokumentasi. Analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 71%. Analisis pada siklus pertama terhadap terhadap kepercayaan diri anak kelompok A meningkat menjadi 66.66%. Prosentase kepercayaan diri mengalami peningkatan, namun belum mencapai 71%. Dengan demikian penelitian dilanjutkan pada siklus kedua. Analisis prosentase data pada akhir siklus kedua meningkat menjadi 93.33%. Berdasarkan prosentase ketercapaian hasil dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan penelitian dihentikan. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggambar ekspresif dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 4- 5 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis, M. Pd ; 2). Dra. Yudrik Jahja, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 18 Jun 2021 07:21
Last Modified: 18 Jun 2021 07:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16253

Actions (login required)

View Item View Item