PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION, EXTENDED) TERHADAP BERPIKIR KRITIS DALAM MUATAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DI KELURAHAN CIRACAS

SYIFAUN NAHDIAH, . (2019) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION, EXTENDED) TERHADAP BERPIKIR KRITIS DALAM MUATAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DI KELURAHAN CIRACAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01.COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
02.ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (92kB)
[img] Text
03.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text
04.LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (292kB)
[img] Text
06.KATA PENGANTAR.pdf

Download (129kB)
[img] Text
07.DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
11a. BAB 1.pdf

Download (469kB)
[img] Text
11b. BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img] Text
11c.BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
11d. BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E Terhadap Berpikir Kritis Dalam Muatan IPA Pada Peserta Didik Kelas V, pada pokok bahasan panas dan perpindahannya, semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciracas 10, Jakarta Timur. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 32 untuk kelas eksperimen dan peserta didik pada kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian bebas yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t-test. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut memperoleh nilai t-hitung sebesar 3,21031 sedangkan t�tabel pada taraf signifikasi 0,05 dan dk = 62 adalah sebesar 1,671, maka dapat dikatakan bahwa t-hitung > t-tabel yang berarti hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Learning Cycle 7E terhadap berpikir kritis dalam muatan IPA pada peserta didik kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yetty Auliaty, M.Pd ; 2). Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:58
Last Modified: 21 Jun 2021 04:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16260

Actions (login required)

View Item View Item