PENGEMBANGAN POP-UP BOOK PERIPANCA PADA PEMBELAJARAN PPKN TEMA HIDUP RUKUN DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Sri Rezeki Handayani Hasya, . (2019) PENGEMBANGAN POP-UP BOOK PERIPANCA PADA PEMBELAJARAN PPKN TEMA HIDUP RUKUN DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (315kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINILITAS.pdf

Download (266kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa Pop-Up Book Peripanca dan untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap Pop-Up Book Peripanca, serta mengetahui validitas Pop-Up Book Peripanca pada pembelajaran PPKn Tema Hidup Rukun. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Pisangan Timur 13 Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan ASSURE yang terdiri dari menganalisis siswa, menyatakan standar dan tujuan, memilih strategi, media, dan materi, memanfaatkan media dan material, mengharuskan partisipasi siswa, mengevaluasi dan merevisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil rekapitulasi validasi Pop-Up Book Peripanca yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan nilai 4,8, oleh ahli bahasa mendapatkan nilai 4,3 dan oleh ahli media mendapatkan nilai 4,9. Hasil rekapitulasi uji coba peserta didik pada tahap one-to�one trying out dengan responden sebanyak 3 orang siswa mendapatkan nilai 94,5%, pada tahap small group tryout dengan responden sebanyak 6 orang siswa mendapatkan nilai 100% dan pada tahap field tryout dengan responden sebanyak 16 orang siswa mendapatkan nilai 100%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Pop-Up Book Peripanca ini valid dan layak digunakan dalam pembelajaran PPKn Tema Hidup Rukun kelas II sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi, M.Pd. ; 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:30
Last Modified: 21 Jun 2021 07:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16274

Actions (login required)

View Item View Item