PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD (Studi Eksperimen di Kelurahan Bendungan Hilir Jakarta Pusat)

SITI MARIAN ANTARTIKA, . (2019) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD (Studi Eksperimen di Kelurahan Bendungan Hilir Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (89kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (803kB)
[img] Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (615kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
11(a). Bab 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
11(b). Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
11(c). Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
11(d). Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
11(e). Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang Pengaruh Model Cooerative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD, pada materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat, semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bendungan Hilir 09 Pagi, Jakarta pusat. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk soal pilihan ganda yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t�test. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut memperoleh nilai t-hitung sebesar 18,97 sedangkan t-tabel pada taraf signifikasi 0,05 dan dk = 59 adalah sebesar 1,67, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IVSD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari M.Pd, ; 2). Waluyo Hadi M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2021 08:06
Last Modified: 21 Jun 2021 08:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16277

Actions (login required)

View Item View Item