KOMPETISI LIGA BERJENJANG U-16 PIALA MENPORA (STUDI EVALUASI LIGA BERJENJANG TAHUN 2018)

AHMAD EFENDI, . (2020) KOMPETISI LIGA BERJENJANG U-16 PIALA MENPORA (STUDI EVALUASI LIGA BERJENJANG TAHUN 2018). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (882kB)
[img] Text
2.BAB 1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
4.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
5.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6.BAB 5.pdf

Download (442kB)
[img] Text
7.Daftar Pustaka.pdf

Download (843kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Program Kompetisi Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan pendekatan evaluasi menggunakan model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Metode pengumpulan data secara triangulasi menggunakan teknik kuesioner, wawancara, studi dokumen dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam: (1) Evaluasi Context: memiliki dasar hukum dan kebijakan pemerintah yang sangat kuat, maksud dan tujuan dengan baik, namun belum dengan sasaran. (2) Evaluasi Input: peserta, penyelenggaraan, pembiayaan dan kepanitiaan belum terlaksana dengan baik, dan perlu ditingkatkan sesuai dengan perkembangan kompetisi Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora setiap tahunnya. (3) Evaluasi Proces: peraturan pertandingan cabang olahraga yang harus selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan persepakbolaan, pelaksanaan kompetisi masih perlu dimaksimalkan dengan baik. (4) Evaluasi Product: meningkatnya partisipasi dan animo masyarakat terhadap penyelenggaraan kompetisi Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora setiap tahunnya, peran media dalam publikasi maupun promosi berolahraga ke masyarakat makin diperluas, dan upaya pencarian bibit – bibit olahragawan potensial dari masyarakat yang perlu dioptimalkan. Namun untuk prestasi atlet belum banyak memberikan kontribusi prestasi tingkat dunia.*********The purpose of this study was to evaluate the 2018 Menpora Cup U-16 Tiered League Competition Program. This study used a qualitative technique with an evaluation approach using the Context, Input, Process, and Product (CIPP) models. Triangulation data collection methods using questionnaires, interviews, document studies and observations. The results showed that in: (1) Context Evaluation: has a very strong legal basis and government policy, the purpose and objectives well, but not yet with the target. (2) Evaluation of Inputs: participants, organizing, financing and committee have not been implemented well, and need to be improved in accordance with the development of the U-16 Tiered League Menpora Cup competition every year. (3) Process Evaluation: rules of the sports competition which must be constantly updated in accordance with the development of football, the implementation of the competition still needs to be maximized properly. (4) Product Evaluation: increased participation and public interest in the holding of the Menpora Cup U-16 Tiered Competition every year, the role of the media in the publication and promotion of sports to the community is increasingly expanded, and efforts to search for potential sportsmen seeds from the community need to be optimized. However, athletes' achievements have not contributed much to world level achievements.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Iman Sulaiman, M.Pd ; 2). Dr. Yasep Setia Karmawijaya, S.KM., M.Kes
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 3391 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2021 01:31
Last Modified: 24 Jun 2021 01:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16283

Actions (login required)

View Item View Item