NIA FATMAWATI, . (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 12 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2013/2014 Provinsi Lampung. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1_ COVER.pdf Download (12kB) |
|
Text
2_ ABSTRAK B_INGGRIS.pdf Download (12kB) |
|
Text
3_ ABSTRAK B_INDONESIA.pdf Download (12kB) |
|
Text
13_ BAB I.pdf Download (57kB) |
|
Text
14_ BAB II.pdf Download (188kB) |
|
Text
15_ BAB III.pdf Download (177kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
Research is result purposed to increase numeracy ability with application realistic mathematic education approach. If numeracy lesson use realistic mathematic education with precise principles, so can increase numeracy ability of student class 1st at Primary School 12 Metro Pusat. The method usedin this research was action research who developed by Kemmis and Taggart. Action taken in this research consisted oft wocycles; the first cycle consists of eight treatments and the second cycles consists of seven treatments. For each cycles on sisting of planning, action, observing, and reflection. Analysis of the data used in this research is done with quantitative and qualitative approaches. Analysis of quantitative data obtained based on increasing numeracy ability children from pre-intervention to the second cycles. Ability numeracy of student at pre-intervention is 50%, cycle of one is 75%, and cycle of two is 81,25%. This exceeds the aggrement between researches and collaborators by 71%. Based on the percentage improvement obtained the action hypothesis accepted. Qaualitative data anlysys is used based on the model analysis Miles and Huberman by steps: (1)data reduction, (2) display the data, and (3) conclusion drawing/verification by observation, interview, and documentation throughout the study. The result showed that the lesson use of realistic mathematic education approach can increase numeracy ability student. *********** Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa melalui pendekatan Realistic Mathematic Education. Jika pembelajaran berhitung menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education dengan prinsip yang tepat, maka dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri 12 Metro Pusat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas dua siklus; siklus pertama terdiri dari delapan perlakuan dan siklus kedua terdiri dari tujuh perlakuan. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif diperoleh berdasarkan pada peningkatan kemampuan berhitung siswa dari pra-tindakan sampai pada siklus kedua. Kemampuan berhitung siswa pada pra-tindakan adalah 50%, siklus satu 75%, dan siklus dua mencapai 81,25%. Pencapaian ini melebihi kesepakatan antara peneliti dan kolaborator, yaitu sebesar 71%. Berdasarkan hasil persentase yang diperoleh, maka hipotesis tindakan diterima. Analisis data kualitatif yang digunakan ialah berdasarkan pada model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah: ((1)data reduction, (2) data display, and (3) conclusion drawing/verification berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. dr. Myrnawati CH, MS,PKK. ; 2). Dr. Syarif Sumantri, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Matematika |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 09:36 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 09:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16298 |
Actions (login required)
View Item |