SISKA PUTRI AULIA, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN GONDANGDIA 01 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (52kB) |
|
Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (90kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (368kB) |
|
Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (270kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
07. DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) |
|
Text
12. a. BAB 1.pdf Download (173kB) |
|
Text
12. b. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
|
Text
12. c. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
Text
12. d. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
12. e. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar melalui model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E pada peserta didik kelas V-B SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan pada semester II, tahun ajaran 2018-2019 pada muatan IPA materi panas dan perpindahannya. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen hasil belajar IPA dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik serta instrumen pemantau tindakan model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik dari siklus I hingga siklus II. Hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif menunjukkan peningkatan pada pra siklus 16%, siklus I 64%, dan siklus II 100%. Hasil belajar peserta didik dalam ranah afektif menunjukkan peningkatan pada siklus I 75% dan siklus II 100%. Hasil belajar peserta didik dalam ranah psikomotorik menunjukkan peningkatan pada siklus I 69% dan siklus II 100%. Data hasil pemantau tindakan aktivitas guru dan peserta didik melalui model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E juga menunjukkan peningkatan pada siklus I 82% dan siklus II 93%. Hasil ini menunjukkan bahwa model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada materi panas dan perpindahannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yetty Auliaty, M. Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 04:59 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 04:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16303 |
Actions (login required)
View Item |