MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA KELAS 2 SMA MENGGUNAKAN MEDIA POHON BILANGAN DI SLB SINAR KASIH JAKARTA TIMUR

SARAH SAROFAH, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA KELAS 2 SMA MENGGUNAKAN MEDIA POHON BILANGAN DI SLB SINAR KASIH JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (39kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (139kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (38kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
12. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
14. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
15. BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dengan hasil tidak lebih dari 20 pada peserta didik tunagrahita ringan kelas 2 SMA di SLB Sinar Kasih Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa lembar instrumen kemampuan penjumlahan bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pohon bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan. Persentase hasil belajar matematika penjumlahan dengan hasil tidak lebih dari 20 pada setiap indikator, yaitu indikator I sebesar 24,167%, indikator II sebesar 11,667%, indikator III sebesar 5,833%, indikator IV sebesar 1,667% dan jumlah soal yang salah sebesar 56,667%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pohon bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas 2 SMA yang diperoleh dari data hasil analisis pada saat pelaksanaan pembelajaran dan perolehan skor evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tri Sediyani, M.Pd ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 24 Jun 2021 05:18
Last Modified: 24 Jun 2021 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16319

Actions (login required)

View Item View Item