S. ATIKAH QURRATA A., . (2019) PENGEMBANGAN ‘PANDUAN TPERS’ UNTUK MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM STUDI S-1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (151kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACK.pdf Download (308kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (375kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (299kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (150kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
|
Text
11. a. BAB 1.pdf Download (163kB) |
|
Text
11. a. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
|
Text
11. a. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
Text
11. a. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
|
Text
11. a. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan panduan khusus untuk mahasiswa tahun pertama yang membahas wawasan teknologi pendidikan, profil Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan UNJ, dan organisasi kemahasiswaan. Panduan ini berbentuk cetak seperti buku saku dan dikemas secara menarik untuk memudahkan mereka membacanya di mana dan kapan saja. Dalam mengembangkan panduan ini, pengembang mengadopsi model knowledge sharing yang dikemukakan oleh Ikujiro Nonaka yaitu Organizational Knowledge Creation Process. Model ini memiliki enam tahapan, yaitu proses perluasan pengetahuan, berbagi pengetahuan, konseptualisasi, kristalisasi, penilaian, dan menjejaringkan pengetahuan. Teknik evaluasi yang digunakan dalam pengembangan ini adalah evaluasi formatif, yang mana penilaiannya dilakukan dengan uji coba ahli materi dan ahli media. Hasil dari uji coba ahli materi memperoleh skor rata-rata 3.4, dan uji coba ahli media memperoleh skor rata-rata 3.3. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan Panduan TPers dinyatakan memiliki kualitas yang baik. Panduan ini dibuat untuk mahasiswa tahun pertama dalam memudahkan mereka memahami konteks teknologi pendidikan secara sederhana dan mengetahui pelaksanaan perkuliahan di program studi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Dewi Salma Prawiradilaga, M.Sc.Ed. ; 2). Drs. R.A. Hirmana Wargahadibrata, M.Sc.Ed. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 07:53 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 07:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16329 |
Actions (login required)
View Item |