PENGEMBANGAN ‘PANDUAN TPERS’ UNTUK MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM STUDI S-1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

S. ATIKAH QURRATA A., . (2019) PENGEMBANGAN ‘PANDUAN TPERS’ UNTUK MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM STUDI S-1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (375kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (299kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (150kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
11. a. BAB 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
11. a. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
11. a. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
11. a. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
11. a. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan panduan khusus untuk mahasiswa tahun pertama yang membahas wawasan teknologi pendidikan, profil Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan UNJ, dan organisasi kemahasiswaan. Panduan ini berbentuk cetak seperti buku saku dan dikemas secara menarik untuk memudahkan mereka membacanya di mana dan kapan saja. Dalam mengembangkan panduan ini, pengembang mengadopsi model knowledge sharing yang dikemukakan oleh Ikujiro Nonaka yaitu Organizational Knowledge Creation Process. Model ini memiliki enam tahapan, yaitu proses perluasan pengetahuan, berbagi pengetahuan, konseptualisasi, kristalisasi, penilaian, dan menjejaringkan pengetahuan. Teknik evaluasi yang digunakan dalam pengembangan ini adalah evaluasi formatif, yang mana penilaiannya dilakukan dengan uji coba ahli materi dan ahli media. Hasil dari uji coba ahli materi memperoleh skor rata-rata 3.4, dan uji coba ahli media memperoleh skor rata-rata 3.3. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan Panduan TPers dinyatakan memiliki kualitas yang baik. Panduan ini dibuat untuk mahasiswa tahun pertama dalam memudahkan mereka memahami konteks teknologi pendidikan secara sederhana dan mengetahui pelaksanaan perkuliahan di program studi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dewi Salma Prawiradilaga, M.Sc.Ed. ; 2). Drs. R.A. Hirmana Wargahadibrata, M.Sc.Ed.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 24 Jun 2021 07:53
Last Modified: 24 Jun 2021 07:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16329

Actions (login required)

View Item View Item