PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SERDANG 07 PAGI JAKARTA PUSAT

RIZKY FITRIANI, . (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SERDANG 07 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (232kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
4 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (267kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (268kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
11 a. Bab 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
11 b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
11 c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
11 d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11 e. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV dalam pembelajaran dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian tindakan ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Serdang 07 Pagi Jakarta Pusat, dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 30 orang pada semester II pada tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta tahap refleksi, sebagai acuan untuk membuat perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus berupa tingkat keberhasilan yang diperoleh peserta didik dalam nilai rata-rata kelas dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari hasil belajar IPS. Pada siklus I rata-rata nilai peserta didik hanya 67% atau belum memenuhi target, serta persentase pencapaian hasil pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus I sebesar 81%, dan pemantauan tindakan aktivitas peserta didik sebesar 80%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar IPS yang diperoleh peserta didik 90%, sedangkan persentase pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus II sebesar 92%, dan pemantauan tindakan aktivitas peserta didik sebesar 91% melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) hasil belajar IPS dapat meningkat. Kesimpulan yang didapat dari Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Serdang 07 Pagi Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Dr. Edwita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 25 Jun 2021 03:56
Last Modified: 25 Jun 2021 03:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16337

Actions (login required)

View Item View Item