RIZKY FITRIANI, . (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SERDANG 07 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (41kB) |
|
Text
2 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (232kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (319kB) |
|
Text
4 LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (267kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (268kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) |
|
Text
11 a. Bab 1.pdf Download (305kB) |
|
Text
11 b. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text
11 c. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
|
Text
11 d. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
11 e. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV dalam pembelajaran dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian tindakan ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Serdang 07 Pagi Jakarta Pusat, dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 30 orang pada semester II pada tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta tahap refleksi, sebagai acuan untuk membuat perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus berupa tingkat keberhasilan yang diperoleh peserta didik dalam nilai rata-rata kelas dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari hasil belajar IPS. Pada siklus I rata-rata nilai peserta didik hanya 67% atau belum memenuhi target, serta persentase pencapaian hasil pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus I sebesar 81%, dan pemantauan tindakan aktivitas peserta didik sebesar 80%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar IPS yang diperoleh peserta didik 90%, sedangkan persentase pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus II sebesar 92%, dan pemantauan tindakan aktivitas peserta didik sebesar 91% melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) hasil belajar IPS dapat meningkat. Kesimpulan yang didapat dari Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Serdang 07 Pagi Jakarta Pusat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Dr. Edwita, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 03:56 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 03:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16337 |
Actions (login required)
View Item |